nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bongkar Praktik Aborsi di Klaten, Polisi Tangkap 5 Pelaku Termasuk Bidan Desa

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 19:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 05 512 2026231 bongkar-praktik-aborsi-di-klaten-polisi-tangkap-5-pelaku-termasuk-bidan-desa-LTh83R23Ha.jpg Polres Klaten rilis kasus aborsi, 5 pelaku ditangkap. (Foto : Bramantyo/Okezone)

KLATEN – Satreskrim Polres Klaten, Jawa Tengah, mengamankan lima pelaku yang diduga merupakan jaringan sindikat aborsi.

Dari lima pelaku, satu di antaranya merupakan oknum bidan desa berinisial A, yang bekerja di Desa Kajen, Kecamatan Ceper.

Pelaku lainnya yaitu Ag dan An, warga Yogyakarta, yang berperan sebagai penghubung. Dua pelaku lain ialah orangtua dari janin yang diaborsi, yaitu DA dan YJ, warga Magelang dan Purwokerto.

Kapolres Klaten, AKBP Aries Andhi mengatakan, kasus aborsi di Ceper berawal dari laporan salah satu tersangka yang juga berinisial An, yang mengaku kehilangan handphone.

"Hasil penelusuran petugas, diketahui handphone tersebut dibawa tersangka lain yakni DA yang beralasan takut percakapan dalam ponsel (terkait aborsi) jadi terbongkar," kata Aries Andhi, Selasa (5/3/2019).

Pelaku kasus aborsi di Klaten. (Foto : Bramantyo/Okezone)

Berdasarkan isi percakapan di handphone, penyidikan terus dikembangkan. Petugas kemudian mengamankan lima pelaku.

"Diketahui YJ dan DA merupakan pasangan kekasih. Karena berhubungan terlalu jauh, DA hamil," tuturnya.

(Baca Juga : Polda Sumut Gerebek Rumah Aborsi, Dua Pelaku Ditangkap)

Saat ditelusuri lebih lanjut, petugas berhasil membongkar kasus aborsi yang dilakukan DA ini dilakukan di sebuah poliklinik kesehatan Desa Kajen, Ceper, Klaten.

"Karenanya kelima pelaku dikenakan Undang-Undang Kesehatan dengan ancaman pidana maksimal 10 tahun penjara. Saat ini semuanya sudah ditahan," ucapnya.

Sementara itu, bidan A kepada penyidik mengaku, dirinya membantu menggugurkan kandungan tersangka DA yang baru berumur sekitar satu bulan. Ia juga mengaku telah tiga kali melakukan aksinya.

(Baca Juga :  Sejoli Mahasiswa Kompak Aborsi Janin Buah Cinta Terlarang)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini