nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selama 2 Pekan, Prajurit Kostrad Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan Riau

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 01:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 10 340 2028205 selama-2-pekan-prajurit-kostrad-berjibaku-padamkan-kebakaran-hutan-riau-S1Urqu6d8F.jpg Kebakaran hutan di Bengkalis, Riau. (Dok Sindonews)

PEKANBARU – Hingga saat ini kebakaran masih terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bengkalis, Riau. Penanggulangan kebakaran di wilayah pesisir Riau sudah dibantu oleh pasukan Kostrad.

Pasukan elite TNI yang berjumlah 100 orang ini sudah dua pekan membantu pemadaman api di kawasan hutan dan lahan. Mereka diperbantukan di beberapa wilayah.

"Sebanyak 10 personel Batalion Kostrad melakukan pemadaman lanjutan di Desa Lecah Kecamatan Rupat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger Minggu (10/3/2019).

Dalam penanggulangan kebakaran lahan di Desa Lecah, pasukan elite TNI AD ini bahu-membahu dengan Polri, BPBD, dan warga. Kebakaran di sana sudah bisa diatasi, namun masih dalam pendinginan lahan.

"Kebakaran di Desa Lecah sudah terjadi selama 29 hari. Hujan turun membantu penanggulangan kebakaran," ucapnya.

Kebakaran hutan di Riau (Dok BNPB)

Kebakaran juga terjadi di Kelurahan Pergam Kecamatan Rupat. Di sana kebakaran meluas. Pasukan Kostrad bersama personel anggota dari Kodim, Koramil, BPBD, dan Polri terus berupaya menjinakkan si jago merah.

"Di Desa Lecah luas areal yang terbakar sudah mencapai 162 hektare. 12 prajurit Kostrad dikerahkan ke Desa Lecah," katanya.

Pemadaman kebakaran juga dilakukan di Desa Terkul dan sejumlah daerah lain. Kebakaran di Desa Terkul sudah terjadi selama 25 hari.

(Baca Juga : Kebakaran Hutan di Meranti Riau, BPBD Keluhkan Perusahaan Tak Bantu Pemadaman)

Dia menjelaskan, upaya pemadaman lanjutan juga dilakukan tim gabungan di Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan. Kebakaran di beberapa titik di Desa Ulu sudah terjadi sejak sepekan.

"Kondisi api masih ada. Sebagian yang hidup dan masih menimbulkan asap dibeberapa titik. Pemadaman dan pendinginan masih dilakukan oleh petugas," ujarnya.

(Baca Juga : Data Satelit, Titik Panas Kebakaran Hutan di Riau Menurun Drastis)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini