nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Helikopter dan 1 Pesawat Dikerahkan untuk Atasi Kebakaran Hutan Riau

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 04:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 340 2028704 10-helikopter-dan-1-pesawat-dikerahkan-untuk-atasi-kebakaran-hutan-riau-lPxKCIxmoq.jpg Helikopter melakukan water bombing untuk memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada 2017. (Foto : Dok Okezone/Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU – Selain Satuan Tugas (Satgas) Darat, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Riau diperkuat tim Satgas Udara. Sudah 10 helikopter yang dikerahkan dalam menghadapi bencana yang selalu terjadi di Bumi Lancang Kuning-julukan Riau.

Helikopter tersebut dikerahkan untuk melakukan operasi water bombing (bom air) di berbagai wilayah di Riau. Selain itu, helikopter digunakan untuk patroli udara.

"Dua heli dari BNBP, satu heli dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, empat heli dari TNI dan Polri sementara tiga heli dari pihak swasta," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Senin (11/3/2019).

Dia menjelaskan, heli jenis Kamov tadi telah melakukan operasi water bombing sebanyak 855 kali dengan jumlah 3.420.000 liter. Heli tersebut melakukan pemadaman udara di Pangkalan Terap, Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Kebakaran hutan Riau

Sementara helikopter jenis Bell 412 LHK melakukan operasi water bombing di Kabupaten Rohil, Kampar dan Kota Dumai.

“Heli Bell polisi dioperasikan di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pelalawan," ujarnya. 

(Baca Juga : Data Satelit, Titik Panas Kebakaran Hutan di Riau Menurun Drastis)

Sementara satu pesawat jenis Cassa dikerahkan untuk operasi TMC (teknologi modifikasi cuaca). Tujuannya adalah mengusahakan hujan buatan.

(Baca Juga : Kebakaran Hutan di Meranti Riau, BPBD Keluhkan Perusahaan Tak Bantu Pemadaman)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini