nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malaysia Tolak Bebaskan Wanita Vietnam Tersangka Pembunuhan Kim Jong-nam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 13:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 18 2029862 malaysia-tolak-bebaskan-wanita-vietnam-tersangka-pembunuhan-kim-jong-nam-PWNmvIkB75.jpg Doan Thi Huong dikawal keluar usai persidangan di Pengadilan Tinggi di Shah Alam, Malaysia, 11 Maret 2019. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR – Pihak berwenang Malaysia menolak mencabut tuntutan pembunuhan terhadap Doan Thi Huong, perempuan warga negara Vietnam yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Penolakan itu diputuskan hanya beberapa hari setelah pengadilan Malaysia membebaskan Siti Aisyah, warga negara Indonesia (WNI) yang juga dituduh melakukan pembunuhan tersebut bersamanya.

Huong menangis saat seorang jaksa mengatakan kepada pengadilan bahwa jaksa agung telah menolak permintaan untuk membebaskannya. Perempuan berusia 30 tahun itu telah diadili selama satu setengah tahun atas pembunuhan Kim Jong Nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Pada Senin, pengadilan secara tidak terduga mencabut tuduhan pembunuhan terhadap Siti Aisyah, meningkatkan harapan bahwa Huong mungkin juga akan dibebaskan dalam waktu dekat.

"Saya depresi. Saya tidak bersalah ... Saya ingin keluarga saya berdoa untuk saya," kata Huong dengan berurai air mata di pengadilan sebagaimana dilansir AFP, Kamis (14/3/2019).

Jaksa tidak memberikan alasan mengapa dakwaan terhadap Huong tidak dicabut. Dengan bebasnya Siti Aisyah, dia sekarang menjadi satu-satunya terdakwa atas persidangan atas pembunuhan Kim Jong-nam dan bisa menghadapi hukuman mati dengan digantung jika diputuskan bersalah.

Indonesia terus memberikan tekanan diplomatik untuk membebaskan Siti Aisyah sejak dia ditahan pada 2017, sementara Vietnam baru mengupayakan pembebasan Duong sejak Siti Aisyah dibebaskan pekan ini.

Selama persidangan, beberapa bukti terhadap Huong tampak lebih kuat - rekaman CCTV bandara yang diperlihatkan di pengadilan menunjukkan dia yang mendekati Kim Jong-nam, menempatkan tangannya di wajahnya dan kemudian melarikan diri. Siti Aisyah hanya terlihat sebagai sosok kabur yang melarikan diri dari lokasi kejadian.

Pada persidangan hari Kamis, Ketua Jaksa Penuntut Muhammad Iskandar Ahmad mengatakan kepada Pengadilan Tinggi di Shah Alam bahwa jaksa agung telah memerintahkan kasus terhadap Huong untuk diproses.

Hakim mengatakan Huong tidak cukup sehat untuk melanjutkan persidangan pada hari itu juga dan menunda persidangan sampai 1 April.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini