nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahli Rakit Bom, Terduga Teroris Abu Hamzah 6 Tahun Aktif di Jaringan Terorisme

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 14:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 337 2029907 ahli-rakit-bom-terduga-teroris-abu-hamzah-6-tahun-aktif-di-jaringan-terorisme-L27tg9HOBq.jpg Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto : Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Terduga pelaku tindak pidana terorisme, Husian alias Abu Hamzah (AH), diketahui aktif di jaringan terorisme selama 6 tahun. AH aktif di jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung dan Sibolga.

"Selama 6 tahun terakhir keterangan dari orang tuanya ini aktif di beberapa kelompok jaringan Lampung dan Sibolga," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

AH masuk ke kelompok yang berafiliasi dengan ISIS. Namun, hingga saat ini, pihak kepolisian belum mengetahui apakah AH pernah ke luar negeri bertemu dengan kelompok ISIS lainnya.

Polisi siaga di sekitar rumah terduga teroris di Sibolga, Sumut. (Foto : Sindonews)

"Dia link JAD jaringan Lampung dan Sibolga yang terafiliasi dengan ISIS. Yang jelas AH punya kemampuan merakit bom jauh lebih ahli daripada tersangka R atau pelaku yang di Kalimantan Barat," ujarnya.

(Baca Juga : Potongan Tubuh Balita Ditemukan di Lokasi Ledakan Bom Sibolga)

Dedi melanjutkan, AH merakit bom diketahui dibantu beberapa rekannya. Namun, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap rekan-rekan AH.

"Dibantu. AH enggak mungkin sendiri. Ada 3 yang ditangkap. Nanti akan diinformasikan kembali karena masih didalami perannya. AH sebagai aktor intelektual karena mempunyai kemampuan lebih dari teman-temannnya yang merakit bom," ucapnya.

(Baca Juga : Polisi Amankan 5 Bom Kontainer di Lokasi Ledakan Bom Sibolga)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini