Ma'ruf Amin Siap Hadapi Debat Ketiga Pilpres

Rasyid Ridho , Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 14:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 605 2029930 ma-ruf-amin-siap-hadapi-debat-ketiga-pilpres-JUO1SKvMUO.jpg Jokowi dan Ma'ruf Amin ketika menghadapi debat perdana Pilpres (Foto: Okezone)

JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, mengatakan, siap menghadapi debat ketiga pemilihan presiden (Pilpres) pada 17 Maret 2019. Tidak ada isu spesifik yang menjadi bahan pemikiran berat baginya.

"Persiapan debat biasa saja. Saya jalan, jalan saja. Persiapan debat ya ngobrol-ngobrol saja enggak ada yang spesifik," ujarnya Kiai Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (14/3). Kiai Ma'ruf menjawab media sebelum berangkat ke Cilegon dan Serang.

(Baca Juga: Ma'ruf Amin Kunjungi Serang dan Cilegon Jelang Debat Ketiga Pilpres

Dia menjelaskan, akan mengikuti alur debat yang mengikutsertakan peran panelis serta moderator. "Kalau saya sih intinya debat itu bagaimana membangun Indonesia maju lebih baik dari yang sekarang, lebih meningkatkan, lebih menyempurnakan, lebih menambah lagi. Itu saja," katanya.

Ma'ruf Amin 

Satu hal yang diakui Ma'ruf menjadi bahan pikirannya adalah soal batasan waktu bicara di saat debat. Sebab, bagi seorang ulama seperti dirinya, adalah hal biasa menyampaikan gagasan. Namun, terbiasa juga tak dibatasi waktunya.

"Kita biasanya bicara lepas satu jam dua jam. Ketika dibatasi, ya tentu tidak mudah. Saya mesti menyesuaikan diri," kata Ma'ruf.

"Siasatnya apa?" tanya wartawan.

"Ya adalah, caranya ada. Bagaimana, lihat saja nanti," jawabnya sambil tersenyum.

(Baca Juga: Menko Polhukam Tepis Isu Ada Kerusuhan Besar Jelang dan Pasca-Pemilu

Kiai Ma'ruf menambahkan, fokus debat nanti tidak bisa hanya terpaku satu isu. Sebab, ada pula isu yang berasal dari pertanyaan panelis atau kandidat lain.

"Debat itu kan tergantung muncul masalahnya kan yang nanya panelis atau counter dalam berdebat bagaimana muncul dari masing-masing (kandidat) itu," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini