nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Australia, Malaysia, Kecam Serangan Teror di Masjid Selandia Baru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 18:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 18 2030562 australia-malaysia-kecam-serangan-teror-di-masjid-selandia-baru-xlUkjSTEdW.jpg PM Australia, Scott Morrison. (Foto: Reuters)

CANBERRA – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menyatakan mengutuk penembakan yang terjadi di masjid di Christchurch, Selandia Baru pagi ini. Morrison menyebut penembakan yang merenggut 49 nyawa itu sebagai aksi terorisme dan menyampaikan dukungannya pada warga Selandia Baru.

"Saya mengutuk serangan teroris yang kasar, ekstremis, dan sayap-kanan yang telah merenggut nyawa begitu banyak warga Selandia Baru yang tidak bersalah ketika mereka melaksanakan ibadah dengan damai di masjid-masjid mereka di Christchurch hari ini.

“Warga Australia berdiri bersama semua warga Selandia Baru hari ini dalam masa kelam ini ketika kebencian dan kekerasan telah mencuri kedamaian dan kepolosan mereka. Kia kaha (tetap kuat),” kata Morrison dalam pernyataan persnya.

“Selandia Baru, seperti Australia, adalah rumah bagi semua agama, budaya, dan latar belakang. Tidak ada ruang sama sekali di kedua negara kita untuk kebencian dan intoleransi yang telah menyebabkan kekerasan ekstremis teroris ini, dan kami mengutuknya."

Senada dengan Morrison, Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah juga menyampaikan kecaman negaranya terhadap aksi teroris di Selandia Baru dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban yang meninggal dunia.

” Malaysia mengutuk dalam istilah terkuat, tindakan teror yang tidak masuk akal terhadap warga sipil tak berdosa dan berharap bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan biadab ini dibawa ke pengadilan. Pikiran dan doa kami bersama para korban dan keluarga dari insiden penembakan hari ini di Selandia Baru,” demikian disampaikan Saifuddin melalui pernyataan persnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini