nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Sebut Uang yang Disita dari OTT Romahurmuziy Tak Banyak

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 19:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 337 2030583 kpk-sebut-uang-yang-disita-dari-ott-romahurmuziy-tak-banyak-F9loQqsjxQ.jpg Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total mengamankan enam orang saat menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur, pada hari ini, Jumat (15/3/2019). Keenamnya sedang diterbangkan menuju Gedung KPK Jakarta. 

Adapun enam orang tersebut terdiri dari anggota DPR yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy (Romi), staf Romi, satu pihak swasta, dan tiga ‎pejabat Kementerian Agama (Kemenag).

Selain mengamankan enam orang, KPK juga menyita barang bukti berupa uang dalam pecahan rupiah dalam operasi senyap tersebut. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, uang yang disita terkait OTT di Jawa Timur tidak terlalu banyak.

"Barbuknya uang, uangnya tidak banyak," kata Agus usai menghadiri diskusi Pemilu Berintegritas dengan tema 'Pilih yang Jujur' di Gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Romi Ditangkap KPK, Mahfud MD: Saya Sudah Pernah Bilang Semua Masalah Waktu)

Romahurmuziy

Sayangnya Agus mengaku belum mendapatkan laporan terkini soal jumlah pasti uang yang turut diamankan dalam tangkap tangan itu. Kendati memastikan, transaksi uang yang diduga terkait jual-beli jabatan di Kemenag dilakukan tidak hanya sekali.

"Saya belum terima laporan lengkap, tapi yang dilaporkan sementara berapa, tapi yang perlu dicatat, itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya yang bersangkutan pernah memberi," ujarnya.

Operasi senyap terhadap Romi sendiri diduga terkait jual-beli jabatan di Kemenag. KPK menduga transaksi suap terkait jual-beli jabatan di Kemenag yang disinyalir melibatkan Romi terjadi sudah lebih dari sekali.

(Baca Juga: Ditangkap KPK, Ketum PPP Romi Punya Harta Rp11,8 Miliar dan USD51 Ribu)

KPK saat ini mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Romi dan lima orang lainnya yang terjaring dalam OTT tersebut. Rencananya, KPK akan menggelar konferensi pers terkait OTT tersebut pada malam hari ini.‎

(Ari)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini