Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf Nilai Sandi Gagal Paham

Sarah Hutagaol, Okezone · Senin 18 Maret 2019 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 605 2031627 relawan-milenial-jokowi-ma-ruf-nilai-sandi-gagal-paham-zHMLhtKWHk.jpg Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno saat debat Cawapres 2019. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Relawan Millenial Jokowi-Ma’ruf (REMAJA) menilai Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, gagal paham pada Debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, yang digelar kemarin.

Sekretaris Jendral REMAJA, Dhika Yudhistira, mengatakan setidaknya tiga kali Sandi merespons KH Ma’ruf Amin (Abah) yang menunjukkan ia tidak paham persoalan.

“Pertama, saat Abah Ma’ruf menjelaskan lembaga-lembaga riset yang ada, Sandi menyangka akan menambah lembaga baru. Padahal yang Abah maksud justru menyatukan lembaga-lembaga riset yang sudah ada agar lebih efisien,” ucap Dhika dalam keterangannya, Senin (18/3/2019).

Yang kedua menurut Dhika, penjelasan Sandi tentang stunting mengesankan bahwa solusinya pada sedekah putih, yang artinya setelah anak lahir. Padahal menurut Abah penanganan gizi buruk itu sejak dari kandungan. Bahkan bukan hanya dari aspek kesehatan, tapi juga sosial dengan memperhatikan sanitasi dan air bersih.

 Sekjen Remaja, Dhika Yudistira

“Terakhir, saat Abah menjelaskan tentang kartu-kartu program yang beragam, Sandi menawarkan KTP sebagai kartu solusi semua persoalan. Padahal persoalan yang dihadapi masyarakat masih sangat beragam, tentu lingkup dan fokus penanganannya juga beragam. Jangan digeneralisir,” katanya.

Dhika menilai, jika memahami sejak persoalan saja Sandi sudah gagal memahami, mustahil ia mampu mengatasi.

(Baca Juga : TKN: Pemahaman Kiyai Ma'ruf di Debat Cawapres Sangat Diluar Dugaan)

“Ibarat dokter. Kalau sejak diagnosa sudah keliru, pasien bukan hanya tidak sembuh, tapi bisa lebih buruk. Apalagi ini negara. Negara bukan untuk coba-coba,” tutur Dhika.

(Baca Juga : TKN Jokowi: Rencana Hapus UN Hilangkan Standar Pendidikan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini