nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taman Nasional Tesso Nilo Riau Terbakar

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 15:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 20 340 2032631 taman-nasional-tesso-nilo-riau-terbakar-xBHebwfqLP.jpg Taman Nasional Tesso Nilo. (Dok Okezone/Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Riau. Tim gabungan saat ini berjibaku melakukan pemadaman di kawasan yang diperuntukkan habitat gajah Sumatera tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gapur mengatakan, kebakaran di TNTN tepatnya terjadi di Dusun Toro, Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

"Kebakaran terjadi di kordinat 0°11’17”, 101°52’06” kawasan sektor TNTN," ucap Jim Gapur, Rabu (20/3/2019).

Dia menjelaskan, kebakaran di kawasan TNTN sudah berlangsung selama tiga hari. Pemadaman kebakaran di kawasan lindung ini dilakukan prajutit TNI, personel Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), serta dan personel Balai TNTN.

"Saat ini tim masih melakukan upaya pendinginan," ucapnya.

Kebakaran Hutan di Jambi

Taman Nasional Tesso Nilo merupakan kawasan hutan daratan dengan luas areal 83 ribu hektare terbentang dari Kabupaten Pelalawan hingga Kabupaten Indrgiri Hulu. Kawasan TNTN dihuni sekira 80 ekor gajah Sumatera.

Namun dalam satu dekade ini, terjadi penjarahan besar-besaran di kasawan hutan lindung. Kasawan hutan konservasi ini disulap jadi kebun kelapa sawit milik para cukong. Bahkan sebagian sudah menjadi permukiman yang dihuni ribuan warga. TNTN juga selalu jadi sasaran pembakaran para pelaku yang ingin membuka lahan.

(Baca Juga : Titik Panas di Riau Bertambah Jadi 165, Jarak Pandang Hanya 2 Km)

Selain di TNTN, kebakaran juga terjadi di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Tim gabungan juga berupaya menjinakkan si jago merah.

"Empat alat berat jenis eskavator juga dikerahkan untuk membantu pemadaman. Kebakaran di sana sudah memasuki hari ke 13," katanya.

(Baca Juga : Bandara Dumai Riau Masih Normal Walau Diselimuti Asap)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini