nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sisihkan 80 Persen Gaji untuk Rakyat Miskin, Guru Asal Kenya Dapat Hadiah Rp14 Miliar

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 13:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 25 18 2034619 sisihkan-80-persen-gaji-untuk-rakyat-miskin-guru-asal-kenya-dapat-hadiah-rp14-miliar-7PP9OeqgXZ.jpg Peter Tabichi menerima hadiah piala dan uang Rp14 miliar dalam sebuah acara di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto/Flipboard

DUBAI - Seorang guru matematika dan fisika dari sebuah desa terpencil di Kenya mendapatkan hadiah sebesar USD1 juta atau setara 14 miliar.

Peter Tabichi (36) adalah guru sekolah menengah di desa terpencil di Rift Valley. Ia memberikan 80 persen gajinya kepada rakyat miskin.

Tabichi memenangkan hadiah yang diselenggarakan oleh bintang Hollywood Hugh Jackman, dan langsung menerimanya dalam sebuah acara yang berlangsung pada Sabtu 23 Maret 2019 di Dubai, Uni Emirat Arab.

"Setiap hari di Afrika kita membuka halaman baru dan bab baru. Hadiah ini bukan soal saya tetapi untuk para pemuda. Saya bisa di sini karena siswa saya," kata Tabichi mengutip AFP, Senin (25/3/2019).

"Hadiah ini memberi mereka kesempatan. Untuk memberi tahu kepada dunia bahwa mereka dapat melakukan apa saja," tambahnya setelah mengalahkan sembilan finalis dari seluruh dunia.

Foto/Reuters

Yayasan Varkey yang berbasis di Dubai, yang menyelenggarakan acara tersebut dan membagikan hadiah untuk yang kelima kalinya, memuji Tabichi. "Dedikasi, kerja keras, dan keyakinan penuh semangat Tabichi terhadap bakat murid-muridnya."

95 Persen Keluarga Miskin

Tabichi mengajar di desa Pwani, Lembah Rift, Kenya, yang sering terjadi kekeringan dan kelaparan.

Sekitar 95 persen murid sekolah berasal dari keluarga miskin. Hampir sepertiganya adalah anak yatim, dan banyak dari mereka tidak memiliki makanan di rumah.

"Penyalahgunaan narkoba, kehamilan remaja, putus sekolah, pernikahan muda dan bunuh diri adalah hal biasa," ungkap Yayasan Varkey dalam sebuah pernyataan.

Sejumlah siswa untuk sampai ke sekolah harus berjalan tujuh kilometer. Kadang rute itu tidak bisa dilewati selama musim hujan.

Jumlah guru dan murid di wilayah tu tidak sebanding, yakni 58 murid banding 1 guru.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta memberi selamat kepada Tabichi dalam sebuah pesan video, mengatakan, "kisah Anda adalah kisah Afrika, benua muda yang penuh dengan bakat."

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini