Cerita Jokowi Bekerja di Aceh, Bangun Bisnis Tanpa Modal hingga Jadi Presiden

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 14:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 28 605 2036137 cerita-jokowi-berkerja-di-aceh-bangun-bisnis-tanpa-modal-hingga-jadi-presiden-Pw3sn11Ohk.jfif Presiden Jokowi (Foto akun @jokowi)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita kisah hidupnya bekerja sebagai karyawan lalu mendirikan usaha tanpa modal dan jadi pengusaha. Dia lalu terjun ke politik di tingkat kota, naik memimpin provinsi lalu dipercaya sebagai Presiden.

“Apa yang kita gapai hari ini, adalah ujung sebuah perjalanan panjang yang tak selalu mulus,” kata Jokowi melalui akun media sosialnya, Kamis (28/3/2019).

Dia mengunggah foto dirinya sedang memakai kaos kaki di dekat tangga pada akun Instagram @Jokowi kemudian menulis cerita.

“Saya sendiri pernah bekerja sebagai karyawan di Aceh. Lalu, saya pulang ke Jawa dengan satu tekad: menjadi pengusaha. Saya memulai usaha tanpa modal sama sekali karena gaji di Aceh sudah habis untuk pulang,” katanya.

Jokowi pernah bekerja dan tinggal di Aceh selama tiga tahun sejak 1986. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dia melamar kerja ke PT Kertas Kraft Aceh (KKA) dan diterima.

Presiden Jokowi minum kopi di sebuah warung saat berkunjung ke Toba, Sumatera Utara (Biro Pers Setpres)

Jokowi ditugaskan di bagian divis hutan perusahaan itu, sesuai disiplin ilmu semasa kuliahnya. Area kerjanya di dataran tinggi Gayo tepatnya di Benar Meriah (dulu Kabupaten Aceh Tengah). Jokowi memiliki ayah dan ibu angkat di sana.

Setelah tiga tahun merantau ke Aceh, Jokowi pulang ke kampung halaman di Solo, mendirikan usaha sesuai keahlian ilmunya; mebel dan perkayuan. Usaha berkembang, produk olahan tangannya diekspor ke berbagai negara.

“Syukur Alhamdulillah, keputusan saya tepat. Usaha saya berkembang sampai punya pasar di mancanegara,” ujarnya.

“Dari dunia usaha, saya pindah ke politik, dan akhirnya berlabuh di pemerintahan. Saya menjadi walikota, lalu gubernur, dan sekarang ini sebagai presiden.”

Jokowi berkata “apa benang merah semua itu? Kepercayaan. Pengusaha pasti tahu sulitnya membangun kepercayaan. Dalam politik yang harus dijaga juga adalah kepercayaan rakyat.”

View this post on Instagram

Apa yang kita gapai hari ini, adalah ujung sebuah perjalanan panjang yang tak selalu mulus. Saya sendiri pernah bekerja sebagai karyawan di Aceh. Lalu, saya pulang ke Jawa dengan satu tekad: menjadi pengusaha. Saya memulai usaha tanpa modal sama sekali karena gaji di Aceh sudah habis untuk pulang. Syukur Alhamdulillah, keputusan saya tepat. Usaha saya berkembang sampai punya pasar di mancanegara. Dari dunia usaha, saya pindah ke politik, dan akhirnya berlabuh di pemerintahan. Saya menjadi walikota, lalu gubernur, dan sekarang ini sebagai presiden. Apa benang merah semua itu? Kepercayaan. Pengusaha pasti tahu sulitnya membangun kepercayaan. Dalam politik yang harus dijaga juga adalah kepercayaan rakyat.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Mar 27, 2019 at 8:34pm PDT

Postingan Jokowi sudah disukai lebih 267 ribu kali dan menuai beragam komentar.

“Semangat trus pak pantang mundur semoga bPak sekeluarga selalu dlm lindungan allah swt amiin,” komentar akun @azarrae.

Akun @pradigara_5758 menulis “tetap semangat pak selalu berusaha berikan yg terbaik untuk indonesia, semoga segala upaya,usaha dan kerja keras bapak dapat menjadikan negara indonesia semakin maju dan berkembang dan indonesia menjadi semakin baik salam hormat saya pak ADT.”

“Inspirasi yang bapak tanamkan bagi generasi muda adalah modal merubah nasib dan tidak gampang menyerah, saya pribadi tersentuh dengan perjalanan hidup bapak dan bertekad jadi orang baik bagi diriku, keluarga, sesama saudara seiman, juga masyarakat trims byk pak,” komen akun @johny.tavares.332.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini