nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawanan Monyet Teror Sebuah Rumah Sakit di Afrika Selatan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 30 Maret 2019 13:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 30 18 2037035 kawanan-monyet-teror-sebuah-rumah-sakit-di-afrika-selatan-Y0DDPAoNU2.jpg Foto: Screengrab video.

DURBAN - Kawanan monyet telah meneror para pasien di sebuah rumah sakit di Afrika Selatan, mencuri makanan dari pasien yang sakit dan membuat mereka berlindung di bawah selimut. Dalam sebuah video yang diambil dari salah satu kamar rumah sakit, monyet-monyet itu terlihat berlarian di atas tiang penahan tirai dan berkeliaran di lantai membuat para pasien ketakutan.

Pasukan monyet yang agresif itu memulai teror mereka di Rumah Sakit RK di Durban sebelum Natal tahun lalu. Mereka mulanya memasuki rumah sakit melalui jendela yang terbuka.

Monyet-monyet itu memakan buah-buahan dan makanan lain yang diletakkan di meja di samping ranjang oleh keluarga dan orang-orang yang menjenguk pasien.

Pimpinan rumah sakit telah membentuk gugus tugas untuk menangani aksi monyet-moyet tersebut dan Menteri Kesehatan telah menuntut invasi itu segera dihentikan. Namun, monyet-monyet tersebut tetap saja masuk ke rumah sakit setiap hari dan membawa teror terhadap para pasien.

“Kita harus menemukan solusi segera dan saya tidak lagi ingin melihat monyet di tempat itu. Saya tidak ingin melihat monyet di bangsal di mana ada pasien yang rentan karena itu adalah adegan yang sangat berbahaya dan juga membawa risiko kesehatan bagi pasien," kata Menteri Kesehatan Dr Aaron Motosoaledi sebagaimana dilansir Daily Mirror, Sabtu (30/3/2019).

Sebuah tim tugas yang terdiri dari dokter hewan negara bagian, pakar kesehatan, keanekaragaman hayati dan ahli lingkungan telah dibentuk, tetapi sejauh ini mereka belum menemukan solusi untuk membuat monyet-monyet itu menjauhi kamar-kamar rumah sakit.

Sumber dari rumah sakit mengatakan jendela tidak bisa ditutup karena beberapa bangsal yang ber-AC.

Rumah sakit unggulkan dengan 453 ranjang itu memang dibangun di lokasi hutan yang dahulu didiami oleh para monyet. Beberapa pengguna media sosial mengatakan bahwa monyet-monyet itu dipaksa keluar dari hutan yang mereka tinggali ketika rumah sakit itu dibangun dan hutan yang tersisa telah ditebang oleh penduduk setempat yang telah membangun perumahan baru.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini