Pemuda Muhammadiyah Sesalkan Pernyataan Amien Rais Soal People of Power di Pemilu

Achmad Fardiansyah , Okezone · Minggu 31 Maret 2019 23:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 31 605 2037514 pemuda-muhammadiyah-sesalkan-pernyataan-amien-rais-soal-people-of-power-di-pemilu-wdEVnlNYew.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Pemilu 2019 sebagai puncak pesta demokrasi 5 tahunan, akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Perayaan demokrasi tersebut harus dijaga bersama-sama dengan tetap menjaga nuansa yang kondusif dan produktif. Momen pergantian kekuasaan ini sudah sewajarnya disikapi secara bijak dan dewasa oleh semua pihak, terlepas dari masing-masing memiliki kepentingan.

Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Ali Muthohirin menyayangkan pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais yang mengungkapkan akan menggerakkan people power untuk menyikapi kecurangan Pemilu dengan tidak menggunakan jalur yang sewajarnya melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ini adalah bentuk provokasi yang nyata dan upaya mendelegitimasi KPU secara sistematis. Sangat disayangkan pernyataan tersebut dikeluarkan oleh seorang Tokoh Reformasi bangsa, yang dengan pernyataan itu seakan menarik mundur kembali bangunan demokrasi yang telah dibangun dan di tata selama 2 dekade terakhir,” kata Ali dalam keterangannya, Minggu (31/3/2019).

sd

Mantan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini menambahkan, seharusnya sebagai tokoh senior, kata Ali, Amien Rais seharusnya segala pernyataan dan narasi yang disampaikan adalah solusi yang solutif, mencerahkan, berkemajuan dan tidak mengandung unsur provokasi sehingga bisa memacu timbulnya konflik horizontal di masa yang akan datang.

Ia pun berkeyakinan tinggi terhadap kredibilitas, kapasitas dan kapabilitas penyelenggara pemilihan umum (KPU RI dan Bawaslu RI), baik secara personal maupun kelembagaan mampu untuk menyelenggarakan pilihan umum secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil tanpa ada keberpihakan politik kepada salah satu partai, atau peserta pemilu tertentu. Bahwa segala penyelesaian sengketa dan dugaan kecurangan dalam pemilihan umum diselesaikan sesuai dengan mekanisme undang-undang yang berlaku.

“Mahkamah Konstitusi secara kelembagaan kredibel dalam menyelesaikan berbagai macam sengketa pelaksanaan pemilu dengan objektif dan adil, tanpa ada tendensi politik kelembagaan maupun personal kepada golongan tertentu,” ujarnya.

ssd

Karena itu, kami anak-anak Muda Muhammadiyah, menyesalkan pernyataan Amien Rais yang berupaya mengajak masyarakat untuk melakukan cara-cara provokatif dalam proses pemilu ini. Selain itu, sambungnya, menolak dengan tegas kepada oknum secara personal maupun kelembagaan untuk memecah belah bangsa melalui berbagai upaya provokasi dan penyebaran berita bohong yang memicu konflik sosial.

“Saya mengimbau kepada seluruh kader angkatan muda Muhammadiyah secara khusus dan masyarakat pada umumnya untuk senantiasa menjaga suasana yang tenang dan damai, serta menyambut pesta demokrasi pemilihan umum dengan gembira,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini