nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Dilakukan Menteri PUPR untuk Membereskan Daerah Terdampak Banjir di Sentani

Edy Siswanto, Jurnalis · Senin 01 April 2019 11:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 01 340 2037654 ini-yang-dilakukan-menteri-pupr-untuk-membereskan-daerah-terdampak-banjir-di-sentani-mR4QEMxuVy.jpg daerah terdampak Banjir di Sentani (Edy Siswanto)

SENTANI - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku mengaku akan bertanggung jawab banjir di Sentani. Pasalnya, pemerintah akan merehabilitasi dan rekonstruksi, terutama rumah -rumah warga yang rusak akibat banjir bandang di wilayah ini.

Hal ini disampaikannya saat meninjau dampak banjir di Kemiri Distrik Sentani bersama Kepala BPBD Letjen TNI Doni Munardo, Sentani, Senin (4/1/2019).

 Baca juga: Ini Penyebab Banjir Bandang Sentani yang Telan 112 Korban Jiwa

"Tentu pak Presiden akan mengeluarkan kebijakan apakah akan dibangun baru atau direhab kembali rumah-rumah yang rusak sesuai kebutuhan. Namun yang jelas tetap menjadi perhatian presiden,"jelas Basuki.

Tak luput dari perhatian, lanjutnya, adalah mengembalikan kawasan Gunung Cyclop dan normalisasi sungai di bawah Gunung Cyclop. "Kita akan bangunkan Samudan, seperti di gunung Merapi, yang fungsinya untuk mengalirkan air, dan menahan material yang turun dari gunung,"ungkapnya.

 Baca juga: Korban Banjir Bandang Sentani Akan Dibuatkan Hunian Sementara

Untuk prosesnya, dijelaskan akan dilaksanakan satu atau dua bulan ke depan. Di mana perlu ada proses desain dan berkoordinasi dengan BNPB.

"Artinya saat ini akan dimulai dengan proses desain dulu dan berkoordinasi dengan BNPB tentang ekosistem kawasan Cyclop karena bencana ini tidak mungkin terjadi, kalau ekosistemnya tidak terganggu," ungkapnya.

 Baca juga: Transisi Darurat Pemulihan Sentani Pasca-Banjir Bandang yang Menewaskan 112 Orang

Untuk diketahui, hari ini Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja di Sentani Kabupaten Jayapura. Kedatangan Presiden akan melihat langsung kondisi para pengungsi dan daerah berdampak Banjir Bandang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini