Warga Jakarta Pilih Capres Lihat Visi-Misi & Tak Tergiur Politik Uang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 01 April 2019 23:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 01 605 2037987 warga-jakarta-pilih-capres-lihat-visi-misi-tak-tergiur-politik-uang-xXoIcjBnNe.jpg ilustrasi

JAKARTA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun (LPPM UIC) Jakarta melakukan penelitian terkait Pilpres 2019. Hasilnya, warga Ibu Kota dinilai sangat mengamati visi dan misi capres dan cawapres ketika memilih pemimpin Indonesia dalam lima tahun mendatang.

Berdasarkan hasil penelitian dari LPPM UIC sebanyak 36,8% sangat tertarik pada visi dan misi paslon. Kedua, ketertarikan pada masa lalu atau karya-karya capres sebesar 27,6%. Ketiga, tertarik atas permintaan teman dan saudaranya sebesar 24,3%. Keempat, faktor-faktor lainnya sebanyak 17,7%.

"Memilih capres dan cawapres masyarakat Jakarta akan mempertimbangkan visi dan misinya," kata Rektor UIC Jakarta, Musni Umar di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin ((1/4/2019).

(Baca Juga: Cerita Asyiknya Jokowi Ngopi Bareng Ribuan Pendukung di Manado)

(Baca Juga: Disambut Warga Banyumas, Prabowo: Kami Akan Bekerja dan Mengabdi untuk Rakyat)

Menurut dia, warga Ibu Kota tak akan termakan oleh rayuan dari masing-masing tim sukses yang akan membeli suaranya dengan uang. Hal tersebut karena tingkat pendidikan di Jakarta sudah tinggi dan sudah sangat peduli dengan nasib bangsa ke depannya.

"Masyarakat tidak akan memilih berdasarkan uang dari tim sukses, kesamaan partai politik dan desakan dari pemerintah," ujarnya.

Penelitian itu dilakukan selama tiga bulan, terhitung dari Januari hingga Maret 2019 dengan menyebarkan kuesioner kepada 1.000 responden. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Margin of error dalam penelitian itu sebesar 4,25%.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini