nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erdogan: Tepi Barat Adalah Milik Palestina

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 08 April 2019 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 08 18 2040598 erdogan-tepi-barat-adalah-milik-palestina-zmjNiuxldU.jpg Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters)

ISTANBUL – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa wilayah Tepi Barat adalah milik Bangsa Palestina. Komentar itu disampaikan Erdogan sebagai respons atas pernyataan Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu yang berjanji akan menganeksasi pemukiman Israel di Tepi Barat jika memenangi pemilihan pada Selasa.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Channel 12, Netanyahu mengatakan bahwa dia akan memperluas kedaulatan Israel sampai ke pemukiman di Tepi Barat, seperti juga yang telah dilakukan di wilayah-wilayah lain yang direbut dalam Perang Arab-Israel 1967, seperti Yerusalem Timur dan Dataran Tinggi Golan.

Dia juga berjanji akan memperluas pemukiman Yahudi dalam empat masa jabatannya sebagai Perdana Menteri Israel.

BACA JUGA: Netanyahu Berjanji Caplok Tepi Barat jika Kembali Terpilih Jadi PM Israel

Menjelang kunjungannya ke Rusia pekan ini, Erdogan mengatakan bahwa langkah seperti itu akan menjadi sebuah tindakan okupasi dari Israel dan menegaskan bahwa Turki akan mendukung dan berdiri bersama Palestina dalam menentangnya. Demikian diwartakan Reuters, Senin (8/4/2019).

Sementara itu Menteri Luar Negeri Turki, Mevkut Cavusoglu juga menegaskan status Tepi Barat sebagai wilayah Palestina. Dia mengecam pernyataan Netanyahu yang dianggap tidak bertanggungjawab dan dimaksudkan untuk mencari suara dalam pemilihan umum.

"Tepi Barat adalah wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel dengan melanggar hukum internasional. Pernyataan Perdana Menteri Netanyahu yang tidak bertanggungjawab untuk mencari suara tepat sebelum pemilihan umum Israel tidak dapat dan tidak akan mengubah fakta ini," kata Cavusoglu dalam sebuah tweet.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini