nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Ada 20 Kali Gempa Susulan Pasca Getaran Pertama di Sulteng

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 21:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 12 337 2042843 bmkg-ada-20-kali-gempa-susulan-pasca-getaran-pertama-di-sulteng-y1hbZdoaVd.jpg BMKG Gelar Jumpa Pers (Foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya ada 20 kali gempa susulan pasca gempa berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang di Banggai Kepuluan Sulawesi Tengah.

“Hingga pukul 21.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sejumlah 20 gempa bumi,” tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Jumat (12/4/2019).

Ia menambahkan, gempa susulan tersebut beragam. Namun besarannya tidak melebihi dari besaran gempa pertama yakni maginitudo 6,9. “Gempabumi dengan kekuatan paling besar M 5,6 sampai M 3,4,” kata Dwikorita.

Baca Juga: Peringatan Tsunami Berakhir, Warga Masih Mengungsi ke Bukit-Bukit

Gempa

Maka dari itu, Dwikorita mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait adanya bencana susulan. Diharapkan masyarakat dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing.

“Namun tetap waspada dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata dia.

Sebelumnya diketahui gempa dengan magnitudo 6,9 di Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah (Sulteng) pada pukul 18.40 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mencabut peringatan dini tsunami.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini