KPU Belum Pastikan Penundaan Pemungutan Suara di Malaysia

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 18:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 13 605 2043151 kpu-belum-pastikan-penundaan-pemungutan-suara-di-malaysia-5n7LebwVoC.jpg Komisioner KPU RI Ilham Saputra (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut bahwa pihaknya belum memiliki rencana penghentian Pemilu di Malaysia. Hal itu sebagai respon adanya peristiwa surat suara yang sudah tecoblos.

"Sampai saat ini belum ada rencana untuk penghentian pemungutan suara. Di Kuala Lumpur terutama. Karena Malaysia sendiri sekali lagi ada beberapa PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri-red)," kata Ilham di Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Baca Juga: Bawaslu: Surat Suara yang Tercoblos di Malaysia Asli dan Dikeluarkan oleh KPU 

"Jadi yang terjadi selama ini ada di bawah otoritas PPLN Kuala Lumpur," tambahnya.

Lebih lanjut Ilham tak merinci kapan hari pencoblosan di Malaysia lantaran semula rencana pencoblosan akan berlansung pada 14 April 2019 mendatang.

Ilham memastikan bagaimana sikap KPU dengan adanya peristiwa tersebut. Pasalnya, penyelenggara Pemilu tersebut belum menyimpulkan kasus tercoblos suara di Malaysia.

"Jadi kami belum memutuskan apapun. Jadi mereka masih akan melaksanakan pemungutan suara. Sebab sekali lagi bahwa kemungkinan besar surat suara yang ditemukan adalah surat suara pos. Ini sampai saat ini kita belum menyimpulkan apapun ya, nanti kami akan pleno-kan bersama dengan Bawaslu," ucapnya.

Baca Juga: Ada Upaya Mendelegitimasi Pemilu 2019 di Balik Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini