Pemilih Diizinkan Memfoto Hasil Penghitungan Pemilu, Tapi Dilarang Swafoto di Bilik Suara

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 16:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 16 605 2044252 pemilih-diizinkan-memfoto-hasil-penghitungan-pemilu-tapi-dilarang-swafoto-di-bilik-suara-Igx0AjzqSN.jpg Ilustrasi Pemilu (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya mengizinkan pemilih untuk mengawasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tertera di dalam formulir C1. Salah satu cara yang diizinkan, yaitu merekam atau memfoto gambar formulir C1.

"Kita mempersilakan masyarakat untuk mendokumentasikan atau memfoto C1 pleno, tentang data primer hasil, itu boleh," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Wahyu mengatakan, aturan yang mengizinkan masyarakat untuk mendokumentasikan formulir C1 itu sudah diatur di dalam Pasal 52 Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara.

"Itu bukti komitmen KPU untuk menjalankan prinsip keterbukaan itu terwujud," ujarnya.

TPS

Baca Juga: Wapres JK Sebut Aturan Soal Quick Count Supaya Tidak Pengaruhi Pilihan

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilarang adalah melakukan swafoto di dalam bilik suara. Sebab itu telah melanggar azas pemilu, yakni jujur dan rahasia. Kata Wahyu, pada saat memasuki TPS nanti, petugas KPPS menyiapkankan tempat untuk menitipkan ponsel.

"Kita melarang pemilih berswafoto atas pilihan politiknya dari bilik suara. Pertama, salah satu prinsip pemiu rahasia. Dengan mempublikasikan pilihan politik itu, maka mengingkari prinsip rahasia," kata dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini