PDIP Sebut Isu Delegitimasi Penyelenggara Pemilu Bikin Angka Golput Tinggi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 16:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 16 606 2044241 pdip-sebut-isu-delegitimasi-penyelenggara-pemilu-bikin-angka-golput-tinggi-qIqCMY1U4O.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut isu delegitimasi penyelenggara pemilu, menyebabkan tingginya angka golput. Skenario ini disebut dijalankan oleh Donald Trump di Pemilu Amerika Serikat.

Hasto mengatakan, proses penetapan penyelenggara pemilu melalui proses politik di DPR. Saat itu baik kubu oposisi atau pendukung pemerintah terlibat di dalam penetapan tersebut.

"Ketika kemudian mengkampanyekan bahwa ada berbagai persoalan-persoalan terkait dengan penyelenggaraan pemilu, tujuh kontainer yang sudah dicoblos itu justru merupakan bagian dari delegitimasi pemilu itu," ujar Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

ss

Menurut Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin ini, isu delegitimasi penyelenggara pemilu merupakan skenario yang dijalankan Donald Trump di Pemilu Amerika Serikat (AS) dengan tujuan meninggikan angka golput.

"Ini merupakan bagian dari skenario yang dijalankan oleh Trump di Amerika, supaya golputnya tinggi. Dengan demikian pendelegetimasian KPU penyelenggara pemilu tidak boleh dibenarkan dalam negara demokrasi," jelasnya.

Hasto menuturkan, bila ada sesuatu yang kurang, maja seyogianya diperbaiki bersama agar penyelenggaraan pemilu bisa lebih baik lagi. Untuk itu percayakan semuanya pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Bahwa ada yang kurang mari kita perbaiki bersama dengan sistem pengawasan yang lebih baik, kami percayakan kepada Bawaslu," pungkas dia.

 sd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini