Mahfud MD: Sebaiknya Semua Pihak Tenang, Belum Ada Pemenang Pilpres

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 19 April 2019 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 19 605 2045415 mahfud-md-sebaiknya-semua-pihak-tenang-belum-ada-pemenang-pilpres-IS0imPBPmN.jpg Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Proses penghitungan suara pemilihan presiden (Pilpres) 2019 belum tuntas. Namun, masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah meyakini kemenangannya.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, sampai saat ini belum ada pemenang Pilpres yang resmi. Hasil hitung cepat atau quick count dari pihak mana pun itu belum sah.

"Penentunya nanti adalah KPU melalui hitung manual yang bisa diawasi bersama. Sebaiknya semua pihak tenang, menunggu keputusan KPU," kata Mahfud MD melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd, seperti dikutip Okezone, Kamis (18/4/2019) malam.

(Baca Juga: SBY Minta Kader Demokrat Tak Terlibat Tindakan Inkonstitusional)

Jokowi-Maruf Amin

Hasil quick count dari berbagai lembaga survei, sambungnya, masih harus dibuktikan pada perhitungan manual. Hasil real count dari kontestan juga belum mencakup seluruh TPS dari 811.000 TPS di seluruh Indonesia.

"Proses-proses untuk menjamin kebenaran resminya juga masih berlangsung dan masih bisa kita kawal dengan ketat," tuturnya.

(Baca Juga: Rayakan Kemenangan, Prabowo-Sandi Ubah Lokasi Acara Sujud Syukur)

Pada situasi seperti ini, ujar Mahfud, KPU harus benar-benar independen dan profesional. Begitu pula dengan TNI-Polri harus menjaga keamanan ketertiban dan pertahanan keamanan dengan persuasif.

"Elit politik dan kontestan harus menahan diri. Kejujuran harus ditegakkan secara sungguh-sungguh. Pemilu bukanlah pembuat pilu," katanya.

Prabowo

Pilpres 2019 diikuti dua pasang calon, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini