Bawaslu Imbau KPU Kota Cirebon Segera Umumkan Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 22 April 2019 17:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 22 606 2046564 bawaslu-imbau-kpu-kota-cirebon-segera-umumkan-hasil-rekapitulasi-suara-pemilu-2019-oYGDzH1KSE.jpg Ilustrasi Pemilu (foto: Shutterstock)

CIREBON - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengimbau KPU Daerah Kota Cirebon, segera menginstruksikan jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk mengumumkan rekapitulasi suara Pemilu 2019.

"Hal tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mengetahuinya, dan sudah diatur di dalam Undang-undang Pemilu," kata Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Mohamad Joharudin, Senin (22/04/2019).

Baca Juga: Total Ada 19 Kotak Suara dari 5 TPS yang Terbakar di Pesisir Selatan Sumbar 

Joharudin menyampaikan, di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum, pada Pasal 391, PPS wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara, dari seluruh TPS di wilayah kerjanya. Salinan tersebut, bisa ditempelkan di tempat umum.

Dirinya juga menambahkan, sebagaimana diatur dalam Pasal 61 PKPU Nomor 9 Tahun 2019, tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum, jajaran KPPS diminta untuk memasang hasil rekapitulasi suara di tingkat TPS.

"KPPS harus mengumumkan salinan formulir Model C-KPU, Model C1-PPWP, Model C1-DPR, Model C1-DPD, Model C1-DPRD Provinsi, dan Model C1-DPRD Kab/Kota di lingkungan TPS yang mudah diakses oleh publik selama tujuh hari," tambahnya.

Baca Juga: 10 TPS di Agam Sumbar Direkomendasikan Coblos Ulang 

Selain itu, dalam Perbawaslu Nomor 2 Tahun 2019, tentang Pengawasan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, dijelaskan dalam Pasal 5 huruf b, bahwa Panwaslu tingkat kelurahan atau desa, harus melakukan pengawasan terhadap penyampaian hasil Penghitungan Suara di tingkat daerah kelurahan/desa, dengan cara memastikan PPS mengumumkan hasil Penghitungan Suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya.

"Berkaitan dengan itu, kami Bawaslu Kota Cirebon mengimbau kepada KPU Kota Cirebon, untuk memberikan instruksi kepada penyelenggara pemilu di tingkat bawah (PPS dan KPPS) agar melaksanakan ketentuan peraturan tersebut," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini