JK Dorong Percepatan Pertemuan Jokowi-Prabowo untuk Wujudkan Rekonsiliasi Nasional

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 04:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 23 605 2046765 jk-dorong-percepatan-pertemuan-jokowi-prabowo-untuk-wujudkan-rekonsiliasi-nasional-Z7R7I7uVSl.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Setwapres)

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) beserta tokoh dan pimpinan ormas Islam berharap calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto segera bertemu untuk mewujudkan rekonsiliasi nasional pasca-Pilpres 2019. Menurut JK, pertemuan akan menjadi lebih baik jika dilakukan secepatnya.

"Diharapkan tadi makin cepat makin baik apabila Pak Jokowi dapat bertemu dengan Pak Prabowo," kata JK usai menerima kunjungan tokoh dan pimpinan ormas Islam, di rumah dinas wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin 22 April 2019.

(Baca juga: JK dan Pimpinan Ormas Islam Dorong Rekonsiliasi Nasional Pasca-Pemilu)

Pertemuan kedua capres itu ditujukan untuk rekonsiliasi. JK mengatakan semua pihak mendukung pertemuan tersebut agar meredam gejolak yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, rekonsiliasi bangsa bisa tercapai.

"Tentu itu kita semua mendukung apabila ada rekonsiliasi seperti itu sehingga rekonsiliasi di bawah (masyarakat) juga bisa cepat dicapai," imbuh JK.

Jokowi dan Prabowo Subianto. (Foto: Okezone)

(Baca juga: Mendagri Nilai Perlu Adanya Evaluasi Pemilu Serentak)

Menurut dia, masing-masing capres memiliki peran besar untuk meredam gejolak yang terjadi di masyarakat. Selain itu, pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memiliki peran serupa.

Namun demikian, tokoh dan pimpinan ormas Islam mempunyai peran yang besar memberikan ketenangan kepada masyarakat, meskipun tidak menjadi kewenangannya.

"Ormas yang ada di sini tidak mempunyai suatu kewenangan yang banyak, yang punya kewenangan untuk meredam itu KPU, pemerintah masing-masing calon. Tapi pimpinan ormas, tokoh tokoh Islam itu suatu wibawa ke bawah untuk menenangkan anggota masing-masing," tutur JK.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini