nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Juga Disahkan, RUU PKS Terhambat Pemilu 2019

Anggun Tifani, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 22:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 337 2047639 belum-juga-disahkan-ruu-pks-terhambat-pemilu-2019-2E7n3gC7Dl.jpg Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA, Indra Gunawan (foto: Anggun Tifani/Okezone)

TANGERANG - Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) masih dalam tahap pengkajiannya. Masih terhambatnya pembahasan RUU PKS dikarenakan adanya gelaran pesta demokrasi.

Dikatakan Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Indra Gunawan, RUU tersebut sampai saat ini masih dalam pembahasan dengan berbagai pihak terkait.

Baca Juga: DPR: RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Tak Legalkan LGBT dan Perzinahan! 

Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA, Indra Gunawan (foto: Anggun Tifani/Okezone)

"Tentu kita masih menunggu juga dari DPR, untuk melakukan pembahasan lebih lanjut. Dikarenakan kemarin Pemilu jadi sempat terhenti," tuturnya saat Rakornas KPPA 2019 di Kabupaten Tangerang, Rabu (24/4/2019).

Dia mengatakan, hingga kini pihaknya masih mengkaji RUU tersebut, terlebih dikarenakan RUU ini merupakan inisiatif DPR RI.

"Masih pembahasan karena ini kan inisiatif DPR ya. Beberapa kita sudah mengidentifikasi masukan-masukan, dari kami, sudah kita sampaikan juga," ujarnya.

Baca Juga: DPR Sambut Baik Petisi Tolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual 

Seperti diketahui, RUU PKS hingga kini masih menimbulkan sejumlah polemik dikarenakan berbagai macam pihak. RUU PKS bahkan dianggap melegalkan pernikahan sesama jenis dan tidak sesuai dengan moral Islam serta Pancasila.

Namun begitu, KemenPPPA menyatakan bahwa RUU PKS merupakan upaya pemerintah membuat payung hukum yang tegas untuk menekan dan menghapus kekerasan seksual di Indonesia. Dimana dalam hal ini berbagai pihak terkait menyatakan, negara sudah harus mulai berpihak pada korban.

(fid)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini