Pemimpin Oposisi Venezuela Klaim Dapat Dukungan Militer untuk Rebut Kekuasaan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 30 April 2019 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 30 18 2049974 pemimpin-oposisi-venezuela-klaim-dapat-dukungan-militer-untuk-rebut-kekuasaan-kniFZqHIqq.jpg Pemimpin Oposisi Venezuela, Juan Guaido mengklaim mendapat dukungan militer untuk mengambil alih kekuasaan. (Foto: Twitter)

CARACAS – Pemimpin Oposisi Venezuela, Juan Guaido pada Selasa mengatakan bahwa dia telah memasuki fase terakhir rencananya untuk menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro. Guaido mengklaim telah mendapatkan dukungan dari militer dalam upayanya mengambil alih kekuasaan.

"Angkatan bersenjata nasional telah mengambil keputusan yang benar, dan mereka mengandalkan dukungan rakyat Venezuela," kata Guaido sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (30/4/2019).

Dalam sebuah video yang di-posting di akun Twitternya, Guaido tampak berbicara dengan dikelilingi beberapa orang berseragam militer dan politisi oposisi, Leopoldo Lopez yang dijatuhi hukuman tahanan rumah oleh pemerintahan Maduro.

Guaido, pemimpin Majelis Nasional Venezuela yang dikuasai oposisi, pada Januari menggunakan aturan undang-undang Venezuela untuk mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara, dengan alasan bahwa pemilihan kembali Maduro pada 2018 tidak sah.

Deklarasinya sebagai presiden Venezuela mendapat dukungan dari Amerika Serikat (AS) dan sekira 50 negara. Sementara beberapa negara seperti Rusia, Turki dan China memberikan dukungannya kepada Maduro.

Menanggapi video tersebut, Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez bercuit, mengatakan bahwa pemerintah sedang menghadapi sekelompok kecil "pengkhianat militer" yang berusaha untuk mempromosikan kudeta.

Guaido merencanakan demonstrasi massal pada Rabu, yang dia sebut akan menjadi demonstrasi terbesar dalam sejarah Venezuela. Dia mengatakan bahwa demonstrasi tersebut merupakan bagian dari fase definitif dalam upayanya untuk merebut kekuasaan dan melangsungkan pemilihan umum baru.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini