Info soal Huawei Bocor, Menteri Pertahanan Inggris Dipecat

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 02 Mei 2019 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 02 18 2050556 info-soal-huawei-bocor-menteri-pertahanan-inggris-dipecat-1AmwshoFZ7.jpg Mantan Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson. Foto/Reuters

LONDON - Gavin Williamson telah dipecat sebagai Menteri Pertahanan Inggris imbas adanaya kebocoran informasi dari pertemuan tingkat tinggi Dewan Keamanan Nasional dengan perusahaan telekomunikasi Huawei.

Laporan BBC menyebutkan, Perdana Menteri Inggris Theresa May telah kehilangan kepercayaan pada kemampuan Gavin dan Penny Mordaunt akan menjadi Menhan.

Informasi yang bocor adalah rencana akses terbatas Huawei untuk membantu membangun jaringan 5G di Inggris.

Foto/Reuters

Williamson, yang telah menjadi menteri pertahanan sejak 2017, "dengan keras" membantah membocorkan informasi.

BacaProtes Perubahan Iklim, Aktivis Nempel di Atap Kereta London

BacaPenasihat Senior Pemerintah Inggris Dipecat karena Pernyataan Islamofobia

Dalam pertemuan dengan Williamson pada Rabu malam, Theresa May mengatakan kepadanya bahwa dia memiliki informasi yang memberikan "bukti kuat" bahwa Williamson bertanggung jawab atas bocornya infromasi tersebut.

Surat yang mengkonfirmasi pemecatannya, dia mengatakan, "Tidak ada versi lain, peristiwa yang dapat dipercaya untuk menjelaskan kebocoran ini telah diidentifikasi."

Foto/BBC

Menanggapi surat PM, Williamson mengatakan dia "yakin" bahwa "penyelidikan menyeluruh dan formal" akan "membuktikan" posisinya.

"Saya menghargai Anda menawarkan kepada saya pilihan untuk mengundurkan diri, tetapi mengundurkan diri berarti menerima bahwa saya, pegawai saya, penasihat militer saya atau staf saya bertanggung jawab: ini bukan masalahnya," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini