nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lama Tak Muncul di Depan Publik, Kondisi Kesehatan Presiden Vietnam Jadi Pertanyaan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 19:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 04 18 2051563 lama-tak-muncul-di-depan-publik-kondisi-kesehatan-presiden-vietnam-jadi-pertanyaan-viVPepz86O.jpg Presiden Vietnam Nguyen Phu Truong. (Foto: AFP)

HANOI – Presiden sekaligus Pimpinan Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong tidak terlihat di depan publik sejak tiga pekan terakhir, menimbulkan spekulasi mengenai kondisi kesehatannya.

Spekulasi muncul pada Jumat, setelah presiden berusia 75 tahun itu absen pada acara pemakaman mantan Presiden, Le Duc Anh. Media pemerintah belum menjelaskan mengapa Trong, yang akan memimpin pemakaman negara, tidak muncul.

Presiden Trong belum pernah terlihat lagi sejak dilaporkan jatuh sakit pada 14 April. Demikian diwartakan BBC, Sabtu (4/5/2019).

Sebelum pemakaman, seorang juru bicara pemerintah mengatakan bahwa kesehatan sang presiden telah dipengaruhi oleh "intensitas tinggi dari beban kerja dan cuacanya". Dia menambahkan bahwa Trong akan segera kembali bekerja, tetapi ketidakhadirannya pada upacara pemakaman negara telah memicu spekulasi.

Terlepas dari usia dan citranya sebagai seorang ideolog konservatif, Trong telah mendapatkan popularitas berkat kampanye anti-korupsi yang mengarah pada penangkapan mantan menteri dan polisi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini