nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foto Kucing dalam Penobatan Raja Buat Bingung Warga Thailand

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 12:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 18 2052022 foto-kucing-dalam-penobatan-raja-buat-bingung-warga-thailand-t6C7Bvgi6J.jpg Foto: Reuters.

BANGKOK – Para pecinta hewan di Thailand dibuat kebingungan oleh kehadiran sekor kucing di acara penobatan Raja Thailand pada Minggu. Mereka tidak yakin kucing yang dihadirkan ke hadapan Raja Mahavajiralongkorn dan Ratu Suthida itu adalah kucing hidup atau kucing palsu.

Thailand melangsungkan tiga hari acara penobatan untuk Raja Maha Vajiralongkorn, yang secara resmi dimahkotai pada Sabtu dalam upacara yang rumit.

Sudah merupakan tradisi di penobatan kerajaan untuk menghadirkan seekor kucing - dan juga beberapa barang rumah tangga simbolis - kepada seorang raja baru sebagai bagian dari upacara Pengambilan Asumsi Kediaman Raja, yang diadakan pada Sabtu di kediaman Chakrabat Biman.

Kucing dianggap sebagai hewan keberuntungan oleh banyak orang Thailand dan tradisi memberikan seekor kucing sebagai hadiah rumah baru menandakan rumah yang stabil.

Pada Minggu pagi, beberapa media Thailand menampilkan foto dua pejabat istana berseragam berada di sebelah apa yang tampak seperti seekor kucing Siam yang jinak dan seekor ayam jantan putih berbulu. Gambar yang didistribusikan oleh Biro Rumah Tangga Kerajaan itu tidak diberi judul.

Tetapi pada sore hari, manajer situs berita berbahasa Thailand melaporkan bahwa istana telah menggunakan "boneka kucing" dan bukannya kucing hidup dalam upacara tersebut.

"Upacara kerajaan mensyaratkan penggunaan ayam jantan dan kucing. Seharusnya tidak menjadi fokus apakah hewan itu nyata atau tidak, tetapi ritual itu sendiri yang penting.” kata seorang pejabat istana yang dilansir Reuters, Senin (6/5/2019).

Reuters juga tidak dapat mengonfirmasi apakah kucing yang digunakan dalam upacara tersebut asli atau palsu.

Halaman Facebook Maewthai.com - "ThaiCat.com" – mem-posting salinan foto istana dengan pesan dari peternak kucing terkenal yang mengatakan bahwa ia awalnya diminta untuk memilih dua kucing Siam pria jantan yang lembut untuk upacara tetapi kucingnya pada akhirnya tidak digunakan.

"Saya merasa bersyukur atas kebaikan Yang Mulia karena merasa kasihan terhadap kucing-kucing itu, takut bahwa binatang itu akan menderita menunggu terlalu lama selama upacara, sehingga kucing-kucing itu tidak digunakan," kata peternak, yang tidak menyebutkan namanya.

Peternak tidak secara langsung membahas apakah kucing di foto istana itu boneka atau kucing hidup.

Ambiguitas itu membingungkan sebagian warganet Thailand yang mem-posting komentar mereka di daring.

"Jadi, apakah itu kucing asli atau palsu?" tanya seorang pengguna Facebook bernama Niphawan Rakpontee.

Pengguna lain bernama Krittaya Parichayanan mengatakan, "Itu kucing sungguhan, bukan?"

"Itu mungkin boneka kucing," kata pengguna Prapaporn Tongprasan.

Foto bersejarah penobatan Raja Rama VII pada 1926, paman agung raja saat ini, menunjukkan foto anggota-anggota perempuan keluarga kerajaan yang memegang kucing Siam - jenis yang berasal dari Thailand - serta ayam jantan.

Tradisi menggunakan kucing dalam upacara keluarga kerajaan telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu, kata sejarawan dan penulis Sujane Kanparit.

"Arti memiliki kucing adalah membawa kehangatan ke rumah tangga. Ini adalah tradisi istana lama yang telah muncul dalam kronik kerajaan," katanya kepada Reuters.

Ditanya apakah kucing di foto istana masih hidup atau boneka, Sujane berkata: "Saya tidak tahu."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini