nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekerasan Anti-Islam Terus Terjadi, Otoritas Sri Lanka Perpanjang Jam Malam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 11:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 15 18 2055898 kekerasan-anti-islam-terus-terjadi-otoritas-sri-lanka-perpanjang-jam-malam-hubrWySFFG.jpg Foto: Reuters.

COLOMBO – Sri Lanka telah memberlakukan perpanjangan jam malam skala nasional untuk dua malam berturut-turut setelah gelombang kekerasan anti-Muslim terus terjadi menyusul insiden serangan bom Paskah.

Pada Senin, seorang pria Muslim tewas ditikam sementara para perusuh membakar toko-toko yang dimiliki warga Muslim dan merusak masjid. Polisi telah menangkap 60 orang, termasuk pemimpin kelompok Buddha sayap kanan setelah insiden tersebut.

Jam malam pada Selasa mulai berlaku pukul 21:00 waktu setempat. Polisi mengatakan bahwa provinsi Barat Laut, di mana kekerasan terburuk terjadi, akan ditutup lebih lama. Demikian diwartakan BBC, Rabu (15/5/2019).

Kerusuhan di provinsi yang terletak di utara ibukota, Kolombo itu membuat polisi menembakkan peluru ke udara untuk membubarkan gerombolan massa penjarah di beberapa kota.

Ketegangan meningkat sejak kelompok militan Islam menyerang gereja dan hotel pada Minggu Paskah tiga pekan lalu. Serangan tersebut menewaskan lebih dari 250 orang.

Menanggapi kerusuhan itu, kantor PBB di Kolombo telah mendesak pemerintah Sri Lanka untuk meminta pertanggungjawaban pelaku dan "memastikan bahwa situasinya tidak meningkat".

Warga Muslim berjumlah hampir 10 persen dari 22 juta penduduk di Sri Lanka, yang sebagian besar adalah penganut Buddha Sinhala. Kekerasan massa yang menargetkan komunitas Muslim di Sri Lanka tengah pada Maret tahun lalu, mendorong pemerintah untuk mengumumkan keadaan darurat.

Sri Lanka memiliki sejarah konflik etnis dan kekerasan terbaru ini telah memicu kekhawatiran.

Pemberontak separatis dari komunitas minoritas Tamil melakukan pemberontakan dengan kekerasan terhadap pasukan pemerintah selama beberapa dekade sampai perang saudara berakhir pada 2009.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini