nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Warga Ikut Aksi 22 Mei di Jakarta, Polda Jatim Sweeping Stasiun dan Terminal

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 04:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 18 519 2057226 cegah-warga-ikut-aksi-22-mei-di-jakarta-polda-jatim-sweeping-stasiun-dan-terminal-xjGvXwNOUV.jpg Ilustrasi.

SURABAYA - Polda Jatim mengimbau pada masyarakat untuk tidak ikut turun ke jalan di Jakarta pada 22 Mei 2019. Jika masih ada masyarakat yang nekat berangkat, aparat kepolisian akan melakukan sweeping di terminal dan stasiun.

Jika ingin tetap turun ke jalan, polisi meminta agar dilakukan di Jatim, tanpa harus ke Ibu Kota. "Kami imbau pada masyarakat tidak berangkat (ke Jakarta pada 22 Mei). Kita akan lakukan sweeping dan tindakan tegas bila ada yang membawa senjata tajam dan barang lain yang dilarang," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Jumat (17/5/2019).

Pihaknya akan melakukan penangkalan dan pencegahan pada sejumlah stasiun dan terminal. Meskipun begitu, aparat keamanan tetap mengedepankan persuasif.

Foto: Syaiful I/Okezone

"Masyarakat tidak perlu ke Jakarta, di sini kita siapkan tempat (berdemo) dan dilakukan pengamanan. Untuk mencegah masyarakat ke Jakarta, kita tetap melakukan tahapan-tahapan sesuai SOP. Kami akan libatkan pemerintah setempat dari camat, bupati dan tokoh-tokoh agama," ujarnya.

Luki mengajak masyarakat Jatim untuk menjaga NKRI. Terlebih di tengah banyaknya ajakan untuk berangkat ke Jakarta di media sosial.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Gubernur perempuan pertama di jatim itu meminta warganya untuk menjalankan ibadah puasa di rumah masing-masing.

"Kita mengikuti koridor konstitusi kita dari dinamika kehidupan yang ada, mari kita hormati konstitusional dengan baik," ujar Khofifah.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini