nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Magnitudo 4,9 Goyang Sumba Barat, Sempat Bikin Panik Warga

Adi Rianghepat, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 15:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 19 340 2057598 gempa-magnitudo-4-9-goyang-sumba-barat-sempat-bikin-panik-warga-N6iHbcB51y.jpg ilustrasi (Foto: Okezone)

KUPANG - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (19/5/2019) sekira pukul 13.16 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Memang kami agak panik karena lumayan guncangannya kami rasakan," kata seorang warga Sumba Barat, Yoseph kepada Okezone.

Diakuinya, belakangan wilayah itu memang kerap diguncang gempa. "Kadang dalam sehari bisa terjadi guncangan akibat gempa lebih dari tiga kali. Namun hari ini guncangannya sedikit terasa makanya kami agak panik," kata dia.

Menurut informasi, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,33 LS dan 119,23 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 km arah Barat Daya, Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault).

"Kami berharap kejadian alam yang bisa menimbulkan banyak korban ini tak terjadi lagi ke depan," ucapnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini