nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri: Perda Harus Implementasikan Nilai Pancasila

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 15:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2058001 mendagri-perda-harus-implementasikan-nilai-pancasila-ExygQRDJje.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Puspen Kemendagri)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan, Peraturan Daerah (Perda) harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai dalam Pancasila. Selain itu, Perda juga harus mengakomodasi kearifan lokal.

Hal tersebut dikatakan Tjahjo usai menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Hadir pula Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Anggota Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno, dan Plt Kepala BPIP Hariyono.

"Secara prinsip ya, Perda itu kewenangan daerah, diputuskan bersama antara pemerintah daerah, kepala daerah, dengan DPRD tapi harus sesuai dengan nilai-nilai budaya yang ada di daerah," ujar Tjahjo di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Kemendagri dan BPIP teken MoU

Tjahjo menuturkan, pembentukan Perda merupakan kewenangan antara pemerintah daerah dengan DPRD. Namun pemerintah pusat mempunyai kewenangan untuk menguji Perda tersebut supaya sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.

"Secara prinsip Perda harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai dalam Pancasila. Perda kewenangan daerah, tapi pusat punya kewenangan untuk menguji Perda itu apakah sesuai nggak dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila," tuturnya.

(Baca Juga: Kemendagri Teken MoU dengan BPIP untuk Bumikan Pancasila)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPIP Hariyono mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) jangan sampai tidak mengerti Pancasila. Karena itu, penandatanganan kerjasama ini mesti ditindaklanjuti dengan baik.

"Oleh Pak Mendagri ditindaklanjuti dengan cerdas cermat tentang Pancasila, jangan sampai aparatur sipil negara itu tidak tahu tentang nilai-nilai Pancasila. Kalau tidak tahu Pancasila berarti tidak bisa mengamalkan," pungkas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini