nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jatim Perketat Keamanan Sampai Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 17:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 21 519 2058525 polda-jatim-perketat-keamanan-sampai-pelantikan-presiden-dan-wakil-presiden-bqiAM8umxE.jpg Ilustrasi pengamanan

SURABAYA - Polda Jatim terus memperketat keamanan pada sejumlah objek vital yang ada, meskipun KPU RI telah mengumumkan hasil Pemilu 2019 di Jakarta Selasa dini hari tadi. Perketatan keamanan ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas di Jatim.

Sedangkan pelaksanaan perketatan keamanan sendiri akan dilakukan sampai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Oktober 2019 mendatang. Dalam melakukan pengamanan ini, polisi tidak sendirian melainkan bekerja sama dengan TNI.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Barung Mangera, menjelaskan pihaknya tidak hanya melakukan pengamanan di jalanan. Tetapi juga melakukan pengamanan pada objek-objek vital seperti PLN dan pertamina. Selain itu, pihaknya masih terus menjaga KPU Jatim sampai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dilantik.

(Baca Juga: Polri: Aksi 22 Mei Disusupi Kelompok Anarkis)

"Ini kami lakukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Sehingga masyarakat bisa menjalankan rutinitasnya seperti biasa. Apalagi saat ini bulan Ramadan, sehingga umat muslim bisa menjalankan ibadah dengan khusuk," kata Barung, Selasa (21/5/2019).

Menurut Barung, saat ini provokasi di media sosial masih saja terjadi, namun intensitasnya berkurang. Ini setelah polisi melakukan penegakan hukum terhadap mereka yang melakukan provokasi dan ujaran kebencian.

"Kami akan melakukan penegakan hukum terhadap akun-akun yang terus melakukan provokasi dan menimbulkan keresahan di masyarakat," paparnya.

Ia menambahkan, polisi juga melakukan penghadangan atau sweeping terhadap warga yang hendak ke Jakarta untuk ikut aksi people power. Sejumlah personil ditempatkan di terminal, bandara dan stasiun serta suramadu. Sehingga mereka tidak berangkat ke Jakarta.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini