nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Demo 22 Mei, Polisi Gencar Razia Kendaraan Arah Jakarta

Antara, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 21 525 2058542 antisipasi-aksi-22-mei-polisi-gencar-razia-kendaraan-arah-jakarta-5WEqeX3PFR.JPG Polisi gelar razia terhadap kendaraan yang mengarah ke Jakarta (Foto: Ist)

BANDUNG - Guna meminimalisir massa yang berangkat untuk merencanakan aksi demo pada 22 Mei 2019, Polda Jawa Barat menginstruksikan seluruh daerah untuk melakukan sejumlah razia terhadap kendaraan yang bergerak mengarah ke Jakarta.

“Dalam tindakan preventif, kami melakukan kegiatan dengan skala besar. Posisinya koordinasi dengan TNI. Sementara represif, kami telah dan sedang melakukan razia-razia,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Bandung, dikutip dari Antaranews, Selasa (21/5/2019).

Menurutnya, Jawa Barat merupakan daerah penyangga ibu kota yang berperan strategis dalam menangkal pergerakan massa. Selain itu, Jawa Barat pun dipandang sebagai daerah yang menjembatani pergerakan massa dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Bayangkan kemarin ada yang hendak membawa bom molotov dari Jawa Timur. Ya begitu kira-kira tugas kami di Jawa Barat, yang harus menangkal massa yang seperti itu dari wilayah lainnya,” tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa aparat polisi yang turun untuk melakukan razia akan mengamankan semua hal, yang dapat mengganggu ketertiban umum. “Jadi tidak hanya menyangkut orang, melainkan juga benda, perbuatan seseorang, atau objek perbuatan seperti membawa narkoba dan lainnya,” kata dia.

Sementara itu, razia terhadap kendaraan umum yang hendak menuju Jakarta juga dilakukan aparat Polres Ciamis. Razia yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso itu melibatkan aparat gabungan meliputi anggota Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Brimob Den C Cirebon, Yon Armed 4/105 GS Cimahi dan Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis.

Razia Polisi

"Sasarannya adalah pemeriksaan kendaraan umum dan angkutan barang sebagai langkah antisipasi people power di wilayah hukum Polres Ciamis,” kata Kapolres.

Sebelumnya, ratusan personel aparat gabungan juga menggelar razia dan penyekatan massa pada Senin 20 Mei 2019 malam. Polisi menyasar empat lokasi, yaitu di batas Kota Ciamis-Cijeungjing, Simpang Empat Cihaurbeuti, Depan Mako Polsek Panawangan dan Simpang Tiga Bahagia Sindangkasih.

Sasaran razia yakni kendaraan yang ditumpangi massa yang hendak menuju ke Jakarta. Baik itu mobil angkutan umum maupun kendaraaan pribadi. Polisi lanjut Teguh, tidak akan segan menindak tegas dan mengambil langkah hukum yang dirasa perlu jika ditemukan barang-barang terlarang yang dibawa massa.

“Kita lakukan pemeriksaan barang-barang bawaan, termasuk kemungkinan ada tidaknya bahan peledak, senjata api hingga senjata tajam atau barang lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tuturnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini