Pemilu Masuki Tahap Akhir, PBNU: Selamat kepada Bangsa Indonesia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 07:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 21 605 2058263 pemilu-masuki-tahap-akhir-pbnu-selamat-kepada-bangsa-indonesia-36XZv7Rxcv.jpg Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas mengatakan Pemilu Serentak 2019 memasuki tahap akhir. Rekapitulasi perolehan suara nasional pilpres dan pileg pun sudah ditetapkan. Maka itu, kata dia, semua pihak diminta bersabar dan menunggu, apakah dalam tiga hari ke depan ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

(Baca juga: KPU RI: Jokowi-Ma'ruf Amin Pemenang Pilpres 2019)

Robikin mengatakan, jika dalam tiga hari mendatang tidak ada gugatan ke MK, maka hari berikutnya KPU akan menetapkan calon presiden-wakil presiden dan calon anggota legislatif terpilih. Namun jika ada gugatan, jelas dia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menunggu hingga MK memutuskannya.

Ilustrasi pemilu. (Foto: Okezone)

"Jika ada gugatan pilpres, berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 5 Tahun 2018, tenggat waktu penjatuhan putusan adalah tanggal 28 Juni 2019. Sedangkan untuk putusan akhir sengketa pileg adalah tanggal 6–9 Agustus 2019," kata Robikin dalam keterangannya, Selasa (21/5/2019).

(Baca juga: Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Capres/Cawapres Terpilih pada 25 Mei)

Tidak lupa, Robikin memberikan selamat kepada bangsa dan negara Indonesia serta terima kasih mendalam untuk penyelenggara dan stakeholder pemilu lainnya. "Semoga Indonesia mendatang jauh lebih baik lagi."

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini