Hasil Rekapitulasi Selesai, Prabowo-Sandiaga Akan Gugat ke MK

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 12:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 21 605 2058358 hasil-rekapitulasi-selesai-prabowo-sandiaga-akan-gugat-ke-mk-a5VlRn71oA.jpg Prabowo (Okezone)

JAKARTA - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini pasca KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara yang memenangkan paslon Jokowi-Ma’ruf Amin.

Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, keputusan pihaknya akan menempuh jalur MK setelah mengumpulkan jajaran Badan Pemenangan Nasional (BPN) di kediaman pribadi Prabowo.

 Baca juga: Sandiaga dan Jajaran BPN Mulai Merapat ke Kediaman Prabowo

"Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada dini hari tadi, rapat hari ini memutuskan paslon 02 akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," tutur Dasco di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Politkus partai Gerindra itu mengatakan, dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan menyiapkan berkas materi penggugatan yang akan diajukan ke MK terkait hasil rekapitulasi suara pilpres yang sudah diselesaikan oleh KPU.

 Baca juga: KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Menang, Gerinda Keukeuh Tidak Akui Hasil Pemilu

"Kami akan mempersiapkan materi sesuai dengan tenggat waktu yang ada untuk memajukan gugatak ke MK," jelasnya.

Selain itu, Dasco juga memberkan sedikit alasan mengapa Prabowo-Sandi ingin melanjutkan ke MK. Dikarena dia melihat adanya peluang siginifikan dalam perhitungan suara oleh KPU.

"Kita melihat bahwa ada pertimbang-pertimbangan kemudian ada hal-hal sangat krusial terutama mengenai perhitungan-perhitungan yang sangat signifikan yang bisa di bawa ke MK," katanya.

 Baca juga: MK Siap Siaga Terima Proses Pengajuan Sengketa Pemilu 2019

KPU RI mengumumkan pemenang perhelatan Pilpres 2019. Hasilnya, Capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin memenangkan pesta demokrasi lima tahunan itu dengan perolehan suara sebesar 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional sebanyak 154.257.601 .

Sementara lawannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya 68.650.239 atau 44,50 persen. Perbedaan suara keduanya mencapai 16.857.123 pemilih.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini