nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 24 Mei: Telegraf Elektrik Pertama Digunakan hingga Deklarasi Perang Dunia I

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 06:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 24 337 2059747 peristiwa-24-mei-telegraf-elektrik-pertama-digunakan-hingga-deklarasi-perang-dunia-i-jiofkaonnh.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Berbagai kejadian menarik terjadi pada hari ini 24 Mei di masa lalu. Kejadian-kejadian tersebut tersimpan dalam sejarah dan akan selalu dikenang sebagai peristiwa penting selamanya.

Dikutip dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut beberapa kejadian penting di tanggal 24 Mei yang terangkum:

1844

Telegraf (Ist)

Telegraf elektrik untuk kali pertama digunakan. Samuel F.B. Morse sebagai penemu telegraf adalah orang yang kali pertama menggunakannya dengan mengirim telegram dari Maryland ke Washington D.C, Amerika Serikat (AS).

1915

Setelah resmi bergabung dengan sekutu, Italia mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria. Padahal sebelumnya, Italia dan Austria-Hungaria adalah negara yang bersekutu dalam Aliansi Tiga bersama Jerman.

1941

Kapal perang Jerman, Bismarck, menyerang sekaligus menenggelamkan kapal perang milik Inggris, HMS Hood. Peristiwa itu terjadi pada Pertempuran Selat Denmark dalam Perang Dunia II. Lebih dari 1.400 jiwa melayang dalam peristiwa itu.

2000

Israel menarik tentaranya yang menduduki kawasan Lebanon bagian selatan. Sebelumnya, tentara Israel telah menduduki Lebanon bagian selatan selama 22 tahun.

2002

Amerika Serikat (AS) dan Rusia menandatangani perjanjian di Moskow, Rusia. Salah satu poin penting dari perjanjian itu adalah pengurangan produksi atapun penggunaan nuklir. Perjanjian tersebut berlaku sampai dengan 31 Desember 2012.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini