nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tetapkan 11 Tersangka Baru Terkait Bentrokan 22 Mei

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 17:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 25 337 2060334 polisi-tetapkan-11-tersangka-baru-terkait-bentrokan-22-mei-VyYqXd1okN.jpg Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo (foto: Okezone)

JAKARTA - Pihak kepolisian kembali menetapkan 11 tersangka baru terkait bentrokan aksi 22 Mei 2019. 11 tersangka baru tersebut diamankan oleh pihak kepolisian di kawasan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, 11 tersangka tersebut merupakan bagian dari satu kelompok. 11 orang tersebut mempunyai peran masing-masing dalam membuat kerusuhan.

Polda Metro Rilis Tersangka Provokator 3 Lokasi Kerusuhan 22 Mei

Baca Juga: Pasca-Aksi 22 Mei, Mal Sarinah Kembali Dibuka 

"Memang settingan dari berbagai kelompok massa tersebut adalah membuat demo yang tadinya damai menjadi rusuh, ini yang diprakarsai oleh berbagai orang dalam satu area," kata Dedi saat menggelar konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2019).

Dedi mengatakan, dari kesebelas tersangka tersebut, kepolisian menetapkan A alias Andi Bibir sebagai tersangka. Andi merupakan tersangka yang berperan sebagai penyedia batu kepada 10 orang rekannya. Ia juga menjadi penyedia air untuk rekannya untuk mencuci muka dari efek gas air mata.

Kemudian tersangka lainnya yakni, Mulyadi, Asep, serta Arya yang berperan sebagai pelempar. Lalu, ada Marsuki, Andriansyah, Julianto, M Yusuf, Andi, serta Syafudin yang berperan sebagai pelempar batu, botol kaca, hingga bambu.

Baca Juga: Polisi Sita Ambulans Ormas GARIS Berisi Busur Panah, Bambu Runcing dan Uang 

Dalam aksi tersebut, kepolisian menyita barang bukti berupa beberapa batu, tas, bambu, baju, dan handphone. Lebih lanjut, Dedi menyampaikan kesebelas tersangka dijerat dengan pasal 170 KUHP dan 214 KUHP.

"Ancaman penjara di atas lima tahun," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini