Festival Gondang Naposo, Tradisi Unik "Mencari" Jodoh Ala Samosir

Risna Nur Rahayu, Okezone · Rabu 29 Mei 2019 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 29 1 2061627 festival-gondang-naposo-tradisi-unik-mencari-jodoh-ala-samosir-h7KPui0FCF.jpg Foto: Kemenpar

SAMOSIR - Soal budaya, Kabupaten Samosir memang juara. Wilayah di Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki tradisi mencari jodoh yang unik. Namanya Festival Gondang Naposo. Festival ini menjadi jembatan naposo bulung (muda-mudi) menemukan jodohnya (rokkap ni tondi). Nah, yang penasaran silahkan sambangi festival ini pada 31 Mei hingga 1 Juni 2019 di Pantai Tandarabun Samosir.

“Festival Gondang Naposo memang unik. Bagi yang masih jomblo atau sendiri, festival ini salah satu harapannya. Siapa tahu dengan ikut festival ini, bisa menemukan cinta dan pasangan hidupnya. Untuk itu, Festival Gondang Naposo ini jangan sampai terlewatkan begitu saja,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Selasa (28/5/2019).

Festival budaya ini memberi space lebar bagi naposo bulung manortor. Sembari unjuk keahlian menari, para naposo bulung bisa saling berkenalan. Bila merasa cocok satu sama lainnya, hubungan bisa dilanjut ke jenjang berikutnya.

Bagi generasi millenial tentu ini menjadi sebuah tontonan menarik. Di festival ini terlihat betapa kuatnya budaya terjaga di kalangan anak muda Samosir. Hingga saat ini sudah ada 16 tim yang mendaftar mengikuti festival ini. Mereka berasal berbagai sanggar seni, sekolah, akademi, hingga universitas di Sumut.

“Respons generasi muda terhadap festival ini sangat bagus. Banyak muda-mudi di sini yang ambil bagian di Festival Gondang Naposo setiap tahunnya. Mereka itu berasal dari berbagai kalangan. Ini membuktikan betapa budaya masih terjaga dengan baik di Samosir,” papar Rizki.

Menguatkan karakter warna Kawasan Danau Toba, festival ini pun menjadi pembuka dari rangkaian acara Horas Samosir Fiesta (HSF). Dimana Tonggo Raja, Tor-tor Marhusip, Tor-tor Hatasopisik, Tor-tor Kreasi Toba dan malam hiburan rakyat bersama Tongam Sirait juga akan memeriahkan acara tersebut.

"Pokoknya wajib datang. Ini acara super heboh. Apalagi acara ini digelar mendekati Lebaran. Di mana saat ini banyak perantau yang telah mudik ke Samosir. Tentunya festival ini akan semakin ramai lagi," timpal Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kabupaten Samosir itu luar biasa. Energi maksimal selalu diberikan Kabupaten Samosir dalam mengembangkan pariwisatanya. Slot atraksinya dimaksimalkan baik alam maupun budayanya. Hal ini semakin memperkuat Danau Toba sebagai destinasi yang punya keindahan tanpa batas.

“Soal potensi sudahlah saya tidak perlu panjang lebar. Alamnya luar biasa, budayanya kuat, kulinernya wow. Amenitasnya juga sudah lengkap. Mau penginapan kaki lima sampai hotel bintang lima ada di sana. Aksesnya mudah. Ada Bandar Udara Silangit sudah bertaraf internasional. Jadi silakan ke Danau Toba dan mampir ke Samosir. Dijamin Anda akan happy,” ujar Menteri yang juga kampiun marketing tersebut.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini