nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Pengeboman di Kartosuro Minta Uang Ibunya untuk Rakit Bom

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 14:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 05 512 2063873 pelaku-pengeboman-di-kartosuro-minta-uang-ibunya-untuk-rakit-bom-G1AaQvUSUt.jpg Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza (Foto: Taufik/iNews)

SEMARANG - Polisi masih mendalami keterangan pelaku bom bunuh diri di Pospam Tugu Kartasuro Sukoharjo, pada Senin 3 Juni malam. Dalam keterangannya, pelaku mengaku mendapat uang untuk membeli bahan-bahan bom dari orang tuanya.

Pelaku diketahui bernama Rofik Asharudin (22) warga Kranggan Kulon Wirogunan Kartasura, Sukoharjo. Dia merupakan anak pasangan suami istri Muhtadi dan Sukinem.

"Dia minta uang sama ibunya, beli peralatan bom itu dicicil. Beli komponen elektronik, beli bahan-bahan kimia untuk mencari dicampur menjadi black powder," ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, kepada awak media, usai pelaksanaan Salat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019).

Rumah pelaku pengeboman di Kartosuro

(Baca Juga: Pelaku Pengeboman Pospam Kartosuro Diperiksa Intensif Polda Jateng)

"Kalau kemarin dikasihnya dengan menggunakan panci. Kalau kalau panci kan ada di rumah tidak bisa dibeli. Peledakan secara manual (bukan detonator otomatis)," tambah dia.

Aksi pelaku bereksperimen dengan meracik bahan-bahan berbahaya itu juga diketahui oleh orangtuanya. Namun, mereka mengira perbuatan anaknya itu hanya untuk membuat petasan.

"Orangtuanya pernah mengingatkan, hati-hati kalau membuat gitu (mercon). Tapi enggak tahunya malah mercon besar (bom)," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini