nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, 105 ASN Pemkot Tangsel 'Bolos' Tanpa Keterangan

Hambali, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 16:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 10 338 2065001 hari-pertama-kerja-usai-lebaran-105-asn-pemkot-tangsel-bolos-tanpa-keterangan-iww6fBdp86.jpg Ilustrasi PNS (Okezone)

TANGERANG SELATAN - Sebanyak 1.866 pegawai dari total 2.136 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti apel hari pertama masuk kerja di Lapangan Cilenggang, Serpong, Senin (10/6/2019).

Data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel menyebutkan, dari jumlah itu terdapat 270 ASN yang tidak mengikuti apel disebabkan berbagai alasan.

 Baca juga: Anies Akan Sanksi 185 PNS DKI Terlambat Masuk Kerja di Hari Pertama usai Libur Lebaran

Dengan rincian, cuti sebanyak 119 pegawai, sakit sebanyak 23 pegawai, sedang dinas luar 3 pegawai, tengah menempuh pendidikan 20 pegawai, dan 'bolos' tanpa keterangan sebanyak 105 pegawai.

 PNS (Setkab)

"Jadi ada 105 orang yang sampai sore ini tak hadir tanpa ada keterangan," kata Kepala BKPP Kota Tangsel, Apendi, kepada Okezone di kantornya.

 Baca juga; Hari Pertama Masuk Kerja, Anies Gelar Halalbihalal di Balai Kota

Dilanjutkannya, jumlah total 2.136 ASN itu merupakan pegawai struktural di Pemkot Tangsel yang tersebar di 38 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di luar dari jumlah guru dengan status kepegawaian yang sama.

"Jumlah itu di luar guru, karena yang kita data ini adalah yang struktural di lingkungan Pemkot saja," ungkapnya.

 Baca juga: Anies Yakin Pendatang Baru Tidak Akan Membuat Jakarta Kumuh

Meski demikian, kata Apendi, pihaknya masih akan terus mengecek mengenai absennya ke 105 ASN tersebut pada hari ini. Karena menurut dia, ada pula beberapa pegawai yang terlambat datang pada siang hari, dan lupa mengisi absensi kehadiran melalui finger print.

"Kita akan cek terus soal 105 ASN ini, karena ada juga kejadian tadi baru datang siang hari dan lapor ke saya, atau bisa jadi lupa finger print," imbuhnya.

 Baca juga: Ngopi saat Jam Kerja, ASN Riau Kepergok Wagub Edy

Ditegaskan Apendi, bahwa sanksi akan diterapkan kepada ASN yang tak masuk kerja tanpa kejelasan. Dia membeberkan, pemberian sanksi itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 Pasal 3 pada angka 17 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

"Yang tidak masuk, sesuai aturan ketentuan dari PP 53 itu ada sanksi seperti teguran lisan, ada tahap sedang, lalu berat, dan lainnya. Bagi yang tanpa keterangan, akan kita cek dulu apa alasannya tidak masuk," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini