nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Hilang Kontak di Perairan Raja Ampat, 18 Penumpang & Awak Kapal Ditemukan Selamat

Chanry Andrew S, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 11:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 340 2065210 sempat-hilang-kontak-di-perairan-raja-ampat-18-penumpang-awak-kapal-ditemukan-selamat-mAqrzERVsF.jpg ilustrasi

WAISAI - Perahu motor tempel atau long boat berpenumpang 18 orang yang sempat dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Distrik Kabare, Kabupaten Raja Ampat menuju Sorong, pada Senin 10 Juni 2019, akhirnya ditemukan. Seluruh penumpang ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke kota Sorong.

Kapolres Raja Ampat AKBP Edy Setyanto Erning mengatakan, perahu tersebut berangkat dari Kabare, Waigeo Utara menuju Sorong pada Senin sekira pukul 05.00 WIT pagi dengan tujuan Sorong dan pada malam dilaporkan hilang kontak.

"Perahu tersebut menggunakan mesin motor tempel 40 Pk satu unit dan 15 Pk satu unit dengan driver (Motoris), Nehem Maray," ungkap AKBP Edy Setyanto Erning di Waisai, Selasa (11/6/2019) di Mapolres Raja Ampat.

Menurut Edy, jumlah penumpang dalam long boat tersebut sebanyak 18 orang termasuk motoris. Perahu tersebut diperkirakan hanyut di lautan tanjung pamali diduga akibat kerusakan mesin.

Ilustrasi

Mendapatkan informasi tersebut menurut Edy, pihak Polres Raja Ampat langsung bergerak cepat dengan mengerahkan personel Polsek Waigeo Utara dan masyarakat setempat untuk membantu pencarian.

"Setelah mendapatkan informasi, anggota dari Polsek Waigeo Utara bersama masyarakat setempat, langsung bergerak dan melakukan koordinasi dengan Basarnas Raja Ampat dan Basarnas Sorong. Basarnas Sorong turun menggunakan Kapal Baladewa, Satpolair bersama BLUD turun menggunakan speed falaya," tutur AKBP Edy Setyanto Erning.

Dalam pencarian tersebut menurut Edy, pada pukul 09.30 WIT pagi tadi pihak tim SAR gabungan mendapatkan informasi dari salah satu pihak keluarga penumpang long boat bahwa long boat beserta 18 penumpang ditemukan oleh warga di sekitar daerah Tanjung Kasuari Sorong.

"Pada Pukul 09.30 WIT telah mendapatakan informasi dari Isteri Kepala Puskesmas Kabare bahwa yang bersangkutan beserta penumpang long boat saat ini berada di Daerah Tanjung Kasuari Sorong dalam keadaan selamat dan telah di bantu masyarakat yang melintas menggunakan Speed boat," kata AKBP Edy Setyanto Erning.

Setelah ditemukan warga, tim SAR gabungan dari Personel Satpolair, Basarnas dan Blud serta Polsek Waigeo Utara Menuju lokasi dan melakukan evakuasi Korban Ke Sorong dan membawa Ke RSUD Sorong.

"Seluruh korban sudah berhasil di evakuasi oleh tim SAR gabungan dan dibawa ke RSUD Sorong, kondisi seluruhnya dalam keadaan selamat," kata Edy.

Berikut 18 nama penumpang dan awak kapal yang ditemukan selamat:

1. Kapten B Howay (Danramil Kabare)

2. Enos Bubedam (Kepala Puskesmas Kabare)

3. Kasih 12thn

4. Mama kasih

5. Rony Maray

6. Nova Maray

7. Afila Maray

8. Elena Awom

9. Andrias Awom

10. Albertho Aitem

11. Fatrik Aitem

12. Fredy Awom

13. Jefri Maray

14. Susana Maray

15. Andrianus Saru

16. Raimon Weju

17. Desy Meder

18. Nehem Maray/Motoris

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini