Antara Juwangi-Teras di Sidang MK & Putri Gus Mus Jadi Viral

Angkasa Yudhistira, Okezone · Kamis 20 Juni 2019 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 20 605 2068829 antara-juwangi-teras-di-sidang-mk-putri-gus-mus-jadi-viral-YzpfeXlVRR.jpg Sidang gugatan hasil Pilpres 2019 di MK (dok. Okezone)

JUWANGI, nama salah satu desa di Boyolali, Jawa Tengah, menjadi trending topic di Twitter setelah salah seorang saksi dari pasangan calon Prabowo-Sandi di sidang Mahkamah Konstitusi (MK) bernama Beti Kristina, menyebut harus menghabiskan waktu 3 jam perjalanan menuju ke sana dari desanya di Teras.

Dalam persidangan sendiri, Hakim Suharyoto sempat mengkonfirmasi keterangan Beti. Dia bahkan langsung mengakases Google Map untuk memastikannya.

Dialog antara Hakim Sutoyo dan saksi Beti pun dapat dilihat melalui penggalan video yang diunggah pemilik akun @MurtadhaOne. Dan di bawah ini, adalah transkip perbincangan hakim dan saksi tersebut:

Beti Kristina

"Saya juga langsung membuka Google Map, jarak Juwangi dengan kecamatan (Teras) tempatmu itu 50 km, 1 jam 30 menit kalau tidak lewat jalan tol. Kok bisa 3 jam seperti apa?

"Karena medannya sangat sulit Bapak Hakim,"

"Hari gini masih ada medan sulit di Boyolali? Tapi jalan aspal semua?"

"Tidak. Tidak Ada aspal,"

"Ini kalau ada pihak yang meminta checking the spot hakim bisa ke sana ini,"

Dengan menjadi viralnya video tersebut, Ienas Tsuroiya, putri ulama kondang Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus turut angkat bicara. Dia teringat nama Juwangi lantaran asisten rumah tangganya berasal dari desa tersebut.

"Pas pertama kali baca nama "Juwangi" di timeline, saya merasa familiar. Pagi ini baru ketahuan jawabannya: ternyata itu nama daerah asal Mbak asisten saya di rumah. Dan dia bilang, Bu Beti ini bukan orang Juwangi.." tulis Ienas melalui akun Twitternya, Kamis (20/6/2019).

Dirinya pun merasa kasihan atas keterangan yang diberikan Beti dalam persidangan.

"Aduh, kasihan Mbak Beti ini kalau memang diinstruksikan untuk berbohong. Dalam sidang, di bawah sumpah, dia bisa kena pasal pidana kan?" ujarnya.

Tak cuma itu, dirinya bahkan mengunggah kondisi jalan Teras dan Juwangi yang didapat dari Google Map. Jalan di kedua desa tersebut pun sudah diaspal, tidak seperti yang dijelaskan Beti.

"Dan memang, hari gini untuk mengetahui kondisi suatu wilayah, gampang kok. Bisa buka Google Maps.. Kiri: Juwangi Kanan: Teras Keduanya berada di wilayah Boyolali. Bersih dan rapi kampungnya ya. Keren," kata dia.

Baca Juga: Ketua KPU: Sistem Situng Pilpres 2019 Pertama di Dunia

Jalan di Desa Juwangi sudah diaspal

Jalan di Desa Teras yang juga sudah diaspal

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini