Moeldoko: Kubu 02 Produksi Kebohongan yang TSM

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 20 Juni 2019 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 20 605 2068904 moeldoko-kubu-02-produksi-kebohongan-yang-tsm-7a3Pb2FL0i.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko menyebut bahwa kubu pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga memproduksi kebohongan yang terstruktur, sistematis, dan massif (TSM).

Menurut dia, selama ini kubu 02 tersebut telah merancang narasi kecurangan sedari awal sebelum adanya tahapan Pilpres 2019.

"Dari awal saya sudah mengatakan ini ada sebuah upaya sistematis yang menggiring kepada publik atas pembentukan opini, pembentukan opini itu yang TSM. Itu pembentukan opini kepada publik bahwa 01 curang itu sebelum Pemilu sudah dilakukan," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (20/9/2019).

 Sidang Gugatan Pilpres di MK

Moeldoko mengindikasikan bahwa kubu 02 sengaja menyemburkan kebohongan yang TSM agar mendapatkan post truth untuk merebut kepercayaan masyarakat.

Semburan kebohongan itu, sambung dia, sengaja dilakukan berulang agar publik semakin meyakini bahwa kemenangan kubu Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 merupakan hasil pemilihan yang curang.

"Sesungguhnya menurut saya itu dari pihak sebelah juga memproduksi kebohongan yang TSM. Kan begitu. Kebohongan yang terstruktur , yang masif, akhirnya masyarakat masuk ke post truth, karena semburan yang berulang ulang itu akhirnya meyakini benar seolah olah terjadi kecurangan," terangnya.

Moeldoko mencontohkan pernyataannya dalam materi pembekalan para caleg untuk mengantisipasi kecurangan yang dipelintir agar masyarakat bisa diyakin bahwa kubu petahana curang.

 Sidang Gugatan Pilpres di MK

Mantan Panglima TNI itu menerangkan bahwa pernyataan-pernyataan pelintiran seperti itu selalu dibesar-besarkan akan merebut kepercayaan masyarakat.

"Jadi seperti kalimat saya apa yang saya katakan itu dibalik-balik akhirnya menjadi digoreng kanan kiri. (Padahal) dia nggak sadar kalau saya senang gorengan," ucapnya berkelakar.

Moeldoko pun mengomentari jalannya persidangan sengketa Pilpres 2019 di MK. Ia menilai, sejauh ini kubu Prabowo-Sandi belum bisa membuktikan adanya kecurangan yang berskala TSM.

"Enggak ada yang menunjukkan hal yang TSM itu. Kan nggak terbukti. Di mana si TSM-nya, sampai sekarang kayanya belum ketemu itu. Jadi apa, belum bisa menghadirkan fakta-fakta yang bisa menuju ke sana," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini