nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hujan Tak Turun di Jatim, Beberapa Wilayah Alami Kekeringan Ekstrem

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 12:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 24 519 2070153 hujan-tak-turun-di-jatim-beberapa-wilayah-alami-kekeringan-ekstrem-rbuqCUKmFK.jpg Ilustrasi Kekeringan (foto: Okezone)

SURABAYA - Kekeringan ekstrem diprediksi BMKG Klas 1 Juanda Surabaya akan melanda beberapa wilayah di Jawa Timur. Hal ini lantaran hari tanpa hujan (HTH) di beberapa wilayah tersebut.

Kasi Data dna Informasi BMKG Klas 1 Juanda Teguh Tri Susanto menyatakan beberapa wilayah di Jawa Timur bahkan sudah mengalami hari tanpa hujan sejak beberapa yang menyebabkan kemarau panjang.

Baca Juga: 100.230 Warga Terdampak Kekeringan di Pulau Jawa 

"Memang sudah ada beberapa wilayah Jatim yang mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat panjang. Penyebabnya sudah memasuki kemarau. Hampir semua wilayah di Jatim akan HTH kecuali di Lumajang dan Banyuwangi," ungkap Teguh melalui pesan singkatnya, Senin (24/6/2019).

Ilustrasi Kekeringan  (foto: Okezone)Ilustrasi Kekeringan (foto: Okezone) 

Pihaknya memprediksi hari tanpa hujan bakal terjadi dengan rentang waktu 31 - 60 hari. Bahkan Teguh menyebut bila beberapa wilayah di Jawa Timur seperti Malang dan Sampang sudah mengalami kekeringan.

"Pada umumnya HTH kriteria sangat panjang 31 sampai 60 hari. Kriteria kekeringan ekstrem malah sudah terjadi di Kabupaten Malang dan Sampang," lanjutnya.

Baca Juga: Sejumlah Desa di Jawa Tengah Terancam Kekeringan

Teguh menambahkan bila sebagian besar wilayah di Jawa Timur sejak Juni awal hingga akhir mengalami curah hujan yang minim di kisaran 0 - 10 mm.

"Distribusi curah hujan Juni 2019 di Provinsi Jawa Timur juga sebagian besar masuk dalam kriteria Rendah 0-10 mm, kecuali sebagian kecil Kabupaten Lumajang dan Banyuwangi," ucap dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini