Sidang Putusan Sengketa Pilpres Dipercepat, BW: Itu Kewenangan MK, So What!

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 16:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 24 605 2070265 sidang-putusan-sengketa-pilpres-dipercepat-bw-itu-kewenangan-mk-so-what-EjIGiYEYqk.jpg Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi di Ruang Sidang MK (foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan akan menggelar sidang pleno pengucapan putusan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 pada Kamis 27 Juni 2019. Pembacaan putusan ini maju satu hari dari jadwal yang sebelumnya ditetapkan, yakni selambat-lambatnya Jumat 28 Juni 2019.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW) tidak mempersoalkan majunya pembacaan putusan tersebut. Menurutnya hal itu memang kewenangan MK.

Baca Juga: Ini Pertimbangan MK Bacakan Putusan Gugatan Pilpres pada 27 Juni 

Cuti Saksi Jokowi-Ma'ruf saat Rekapitulasi Nasional Dipertanyakan di Sidang MK

"Itu kewenangan MK, so what," kata BW di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2019).

BW menjelaskan, bahwa MK memang telah menyatakan bahwa pembacaan putusan itu dilakukan paling lambat pada 28 Juni 2019. Adapun jika pembacaan itu dilakukan pada 27 Juni maka masih masuk dalam ketentuan tersebut. "Karena dalam ketentuannya selambat lambatmya tanggal 28 berati 27 kan masih selambat-lambatnya kan," ungkap BW.

Diketahui sebelumnya, keputusan memajukan pembacaan putusan ditetapkan pasca hakim konstitusi menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH). Hakim konstitusi disebut sudah siap membacakan putusan pada tanggal tersebut.

Baca Juga: MK Percepat Pembacaan Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2019

"Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB. Pertimbangannya ya karena majelis hakim merasa sudah siap untuk dibacakan putusan tanggal 27," kata Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK, Fajar Laksono kepada Okezone, Senin (24/6/2019).

Kendati demikian lanjutnya, RPH send masih berlanjut. Namun untuk RPH pembahasan hari ini atau Senin, sudah selesai. "Hari ini udah selesai, RPH masih lanjut sampe tanggal 26," tukasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini