Hari Ini Jokowi Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih, 10 Ribu TNI-Polri Dikerahkan ke KPU

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 30 Juni 2019 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 30 605 2072736 hari-ini-jokowi-ditetapkan-sebagai-presiden-terpilih-10-ribu-tni-polri-dikerahkan-ke-kpu-uXMwc32SF7.jpeg Jokowi dan Ma'ruf Amin (Agus Suprapto)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hari ini akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2019. Sedikitnya 10 ribu pasukan gabungan Polri, TNI dan aparat pemerintah diterjunkan untuk mengamankan rapat tersebut.

Informasi dari Humas KPU RI diterima Okezone menyebutkan, rapat pleno akan digelar di Ruang Sidang Utama Lantai 2 Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019) mulai pukul 15.30 WIB.

Adalah Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin yang akan disahkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, setelah memenangkan pertarungan Pilpres melawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.Jokowi-Prabowo

Keakraban Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf Amin (Okezone)

Sebelumnya Prabowo-Sandi menggugat kemenangan Jokowi-Ma’ruf ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan menuduh pasangan nomor urut 01 itu melakukan kecurangan. Namun, pada Kamis 27 Juni lalu, MK memutuskan menolak semua gugatan Prabowo-Sandi karena tak bisa membuktikan tuduhannya.

Untuk mengamankan rapat pleno penetapan capres dan cawapres terpilih, Polda Metro Jaya mengerahkan 10 ribu personel gabungan. Mereka akan memfokuskan pengamanan di sekitar KPU.

(Baca juga: PKS: Prabowo Beri Ucapan Selamat ke Jokowi Usai Penetapan KPU)

"Di sana gabungan dari TNI-Polri dan Pemprov (DKI Jakarta)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Jokowi dan Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir ke KPU saat penetapannya sebagai capres dan cawapres terpilih. Dia akan didampingi ketua umum dan sekretaris jenderal partai Koalisi Indonesia Kerja.

"Kehadiran ini adalah selain sebagai ungkapan rasa syukur atas selesainya rangkaian panjang proses Pemilu Serentak 2019, juga sebagai ungkapan bentuk apresiasi dan penghormatan yang tinggi atas kinerja KPU yang sangat berdedikasi dan baik," ujar Verry Surya Hendrawan, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

(Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Akan Hadiri Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih di KPU)

Sementara Prabowo-Sandiaga tidak akan hadir ke KPU saat penetapan presiden terpilih.

Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ahmad Sufmi Dasco mengawakan, Prabowo-Sandi akan diwakili oleh tim dan saksi dari BPN ke KPU. (SAL)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini