PDIP Komentari soal Harapan PKB Dapat 10 Jatah Kursi Menteri

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 15:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 03 605 2074136 pdip-komentari-soal-harapan-pkb-dapat-10-jatah-kursi-menteri-idqNEU3TUA.jpg Arteria Dahlan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengaku tidak mempersoalkan perihal 10 jatah kursi yang diharapkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf dalam lima tahun ke depan. Menurutnya hal itu hanya sebatas usulan yang pada akhirnya akan diserahkan kepada Jokowi.

"Enggak masalah, namanya usulan, ya. Pada prinsipnya kan memang semua, saat ini kan masa-masa Pak Jokowi menampung aspirasi semua ketua umum mitra koalisi. Tapi kita melihat, ya itu kan hanya sebatas usulan," kata Arteria di DPR, Rabu (3/7/2019).

Arteria mengungkapkan, setiap partai koalisinya boleh saja mengusulkan sejumlah nama menteri kepada Jokowi namun dirinya meyakini setiap ketum parpol itu bisa memahami apa yang diinginkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Apalagi PDIP, kita tidak mau menambah beban, menambah pemikiran Pak Jokowi karena memang memilih (menteri) ini bukan sesuatu hal yang mudah," terangnya.

Arteria Dahlan

(Baca Juga: Perindo Siap Berikan Nama Calon Menteri Bila Diminta Jokowi)

Di samping itu, lanjutnya, terkait posisi menteri sendiri Jokowi juga secara tidak langsung telah menyampaikan sejumlah kriteria yang harus dimiliki para 'pembantunya' itu.

"Pertama menterinya harus punya kekuatan eksekutorial, kemudian kemampuan manajerialnya yang baik, bisa diambil dari generasi milenial. Nah, ini semua menjadi panduan kita karena Pak Jokowi tegas mengatakan jangan dikotomikan lagi yang namanya politisi dan non politisi dan profesional, semuanya serahkan kepada pak Jokowi untuk melakukan penilaian itu," tukasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini