nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M7,1 Guncang Sulut dan Malut, Masyarakat Diminta Tidak Panik

Subhan Sabu, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 23:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 07 340 2075821 gempa-m7-1-guncang-sulut-dan-malut-masyarakat-diminta-tidak-panik-rGcGedKXvC.jpg Ilustrasi pendeteksian gempa. (Foto: Shutterstock)

MANADO – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang Sulawesi Utara san Maluku Utara sekira pukul 23.08 Wita. Gempa berlokasi di titik koordinat 0,51 LU – 126,18 BT dengan kedalaman 10 kilometer dengan pusat gempa di Ternate, Maluku Utara.

Gempa tersebut terasa cukup keras dan lama di hampir di seluruh wilayah Sulawesi Utara. Di Kotamobagu, gempa terasa keras dan lama. "Pintu lemari sampai terbuka," ujar salah satu warga bernama Supardi, Minggu (7/7/2019).

Sementara Susan, warga Manado, juga merasakan hal yang sama. Air di bak kamar mandi sampai tumpah, begitu juga dengan Clay warga Manado. "Air di akuarium hampir tumpah."

Baca juga: Gempa M7,1 Guncang Ternate, Muncul Peringatan Dini Tsunami

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henrry Mengko mengatakan gempa tersebut membuat BMKG menguarkan status waspada tsunami di beberapa wilayah di Maluku Utara dan di Sulawesi Utara.

Di Sulut, daerah yang waspada tsunami yakni Kota Bitung, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan. Namun demikian, Mengko mengatakan agar masyarakat tidak perlu panik.

"Semuanya status waspada, artinya ketinggian maksimum 0,5 m, tidak perlu evakuasi. Mohon bantuannya untuk mengarahkan masyarakat agar tidak panik. Status peringatan dini WASPADA," ujar Mengko.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini